Hujan di Banjar, BPBD Antisipasi Musibah Bencana

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Banjar – Memasuki musim penghujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar, Jawa Barat, mengimbau kepada warga masyarakat di wilayah Kota Banjar, agar tetap waspada terhadap potensi bencana banjir, longsor, petir, dan angin puting beliung.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Banjar, melalui Kepala Seksi Kedaruratan, dan Logistik, Kuslan, S.Ip., Kamis (12/12/2019), mengungkapkan bahwa dalam memasuki musim penghujan kali ini pihaknya sudah melakukan pendataan stok logistik, serta mempersiapkan petugas untuk mengantisipasi segala kemungkinan musibah bencana yang terjadi disaat musim penghujan tiba. Baik itu bencana banjir, longsor, dan angin puting beliung.

“Musim penghujan yang diprediksi terjadi sejak bulan Oktober 2019, hingga Maret 2020 nanti, biasanya disertai dengan ancaman bencana. Untuk itu kita sejak jauh-jauh hari sudah mempersiapkan diri, jangan sampai logistik, dan petugas tidak dipersiapkan,” ungkapnya.

Menurut Kuslan, wilayah Kota Banjar, dalam menghadapi musim penghujan sangat rawan sekali akan ancaman bencana longsor, angin puting beliung, dan banjir.

“Hampir semua wilayah di Kota Banjar, rawan bencana. Untuk wilayah Kecamatan Langensari, rawan bencana angin, wilayah Kecamatan Pataruman Banjir, wilayah Kecamatan Banjar, angin dan longsor, dan Kecamatan Purwaharja, longsor dan banjir,” jelasnya.

Kuslan, menambahkan pihak BPBD Kota Banjar, juga sudah menyiapkan petugas piket, untuk melakukan kegiatan pengawasan bencana, dan menyiapkan perlengkapan pendukung lainnya.

Kuslan, mengimbau kepada seluruh warga masyarakat di wilayah Kota Banjar, agar tetap siaga menghadapi bencana. Sebab upaya antisipasi, dan penanggulangan bencana bukan hanya menjadi tugas Pemerintah, namun masyarakat juga. Apabila dirasa tidak aman maka masyarakat bisa mengungsi ke lokasi yang lebih aman. Berita Banjar, BQ

- Advertisement -

Berita Terkini