NDP Dan Gerakan Suluh HMI Kedua ( 2 )

Breaking News

NDP Dan Gerakan Suluh HMI

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Nusantara – NDP dan gerakan yang penulis maksud ialah agar seorang kader berproses di HMI tetap memegang pokok perkaderan dan terlahir rasa sense of belonging sehingga seorang kader tidak terlintas bahwa ber HMI ialah tempat persinggahan di zona nyaman dan disekilingi oleh mayoritas kelompok secara personality person ataupun massa.

Lalu Gerakan Suluh HMI ini ialah berasal dari arti kata perkata gerakan, secara etimologi adalah perbuatan yang begerak. Sedangkan suluh ialah penerangan dan kerap kali digunakan anak-anak remaja dan pemuda ketika menyambut bulan ramadhan menggunakan bambu obor menyinari dengan mengelilingi kampung. Serta HMI ialah Himpunann Mahasiswa Islam seperti yang di jelaskan sebelumnya.

Lalu apa maksud dari Gerakan Suluh HMI tersebut ialah secara terminologi perbuatan yang bergerak sebagai penerang dan menerangi HMI yang sekarang. Seorang kader harus sadar ia adalah tulang punggung organisasi yang saat ini saya katakan pelita kehilangan cahaya.

Salah satu Gerakan Suluh HMI ialah NDP tersebut. NDP mampu menjawab pertanyaan dunia baik itu bidang agama, sosial, ekonomi dan bidang bidang lainya, serta sesuai tujuan dan usaha HMI di dalam anggaran dasar pasal 4 dan 5 yang berbunyi :

1. Pasal 4 yaitu terbinanya insan akademis, pencipta pengabdi yang bernapaskan Islam dan terwujud masyarakat adil makmur yang di ridhoi Allah subhana wata’ala.

2. Pasal 5 yaitu:
a) Membina pribadi muslim untuk menyapai akhalakul karimah.
b) Membina pribadi muslim yang mandiri.
c) Mengembangkan potensi kreatif, keilmuan,social dan budaya
d) Mempelopori pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemaslahatan masa depan umat manusia.
e) Memajukan kehidupan umat dalam mengamalkan dienul Islam dalam kehidupan pribadi,bermaysarakat, berbangsa dan bernegara.
f) Memperkuat ukhuwah islamiyah sesama umat Islam sedunia.
g) Berperan aktif dalam dunia kemahasiswaan, perguruan tinggi dan kepemudaan untuk menopang pembangunan nasio ak.
h) Berperan aktif dalam penyelesaian persoalam sosial kemasyarakatan dan kebangsaan.
i) Usah-usaha lain yang tidak bertentangan dengan ayat (a) s/d (g) dan sesuai dengan azas, fungsi dan peran organisasi serta berguna untuk mencapai tujuan organisasi.

Sebagai agen control dan agent control social yang sadar akan tanggung jawab kepada umat muslim dan bangsa Indonesia khususnya mahasiswa Islam yang memang sudah seharusnya memberikan dharma baktinya untuk mewujudkan nilai-nilai keislaman dan keindonesiaan sehingga sebenar -benarnya terwujud masyarakat adil makmur yang di ridhoi Allah subahana wataala.

Dan dengan membaca berdikusi serta aksi jiwa jiwa akademisi dan jiwa jiwa aktivis tersebut menjadi sejiwa dengan pikiran serta kata. Membaca, berdiskusi, aksi yang seharusnya ialah sebuah tradisi yang harus tetap di tradisikian oleh setiap kader Himpunan Mahasiswa Islam. Namun Pada hari ini tradisi tersebut mulai menurun jika dibandingkan dengan kuantitas kader yang terus bertambah dan meningkat (personalty person).

Perjuangan yang saya sebut dengan Gerakan Suluh HMI dengan cara pandang NDP ada sebuah jawaban agar seorang kader harus progresif dan mampu melahirkan dari dalam dirinya sifat sense of belonging. Perjuangan HMI adalah perjuangan yang takkan berhenti apalagi mengalami degredasi, sebab HMI memiliki sejarah yang panjang kesuksesan yang sangat cocok untuk ditiru.

HMI memiliki khittah perjuangan yang ditulis di nilai-nilai dasar perjuangan yang menjadi pedoman pokok-pokok perkaderan dan setiap kader untuk menjalini betul-betul mission HMI. Terakhir penulis katakan zaman silih berganti setiap kader harus bersemangat dengan semangat optimis sebagai mana zaman semangkin modern sehingga HMI memiliki kewajiban untuk membangunkann kader-kadernya dari tidur panjang sehingga setiap kader dapat mengapai insan kamil yang sebenarnya.cara terbaik untuk mengunyah ngunyah realitas adalah berkontemplasi.

Gerakan Suluh HMI menjadi salah satu solusi dari bebarapa masalah yang terjadi didalam dinamika organisasi HMI. Sebuah gerakan progresif untuk menunjang kebangkitan HMI ialah kembali kepada kader sendiri, karena kader HMI adalah tulang punggung organisasi. Baik buruk nya organisasi tergantung kepada kadernya.

HMI Besar Bukan Karena HMI Itu Kaya
HMI Besar Bukan Karena HMI Itu Banyak
Justru HMI Itu Besar Karena HMI Bersatu
Bahagialah HMI
Jayalah Kohati
Yakin Usaha Sampai
Billahitaifiq walhidayah

Karya : Damhuri Siregar
(Kader HMI Komisariat FSH UIN Sumatera Utara Medan)

- Advertisement -

Berita Terkini