Kirab Kabupaten Langkat, Resolusi Pembentukan Koordinator
Pengurus Kirab Kabupaten Langkat

MUDANEWS.COM, Langkat – Berangkat dari kepedulian dalam menyikapi permasalahan sosial, ekonomi, sumber daya alam dan kelestarian lingkungan maka berhimpunlah beberapa Tokoh masyarakat yang tergabung dalam wadah organisasi Komite Integritas Anak Bangsa (KIRAB) yang terkoordinir untuk wilayah Kabupaten Langkat dengan membentuk Kepengurusan Komite Integritas Anak Bangsa (KIRAB) Koordinator Kabupaten Langkat.

Dengan terbentuknya Kirab Kabupaten Langkat melalui proses musyawarah dalam rapat internal yang telah dilaksanakan pada hari Selasa (29/10/2019) pukul 13.00 WIB di Rumah Makan Ayam Penyet Aroma Resto Jalan Siswomulyo, Kwala Begumit Kecamatan Stabat (Dekat Sekolah SMP PAB 13 Simpang Bengkel Stabat) telah meyepakati susunan kepengurusan Kirab Kabupaten Langkat yang devenitif.

Dalam rapat pembentukan Kirab Koordinator Langkat terpilihlah saudara Sutiman, S.Ip sebagai Ketua Umum, Sauli Lubis sebagai Sekretaris dan Saripuddin sebagai Bendahara dengan cara mufakat.

Adapun Visi Kirab adalah Membangun Integritas Nasional yang Religius. Misi Kirab adalah Melakukan Tanggap Darurat terhadap Permasalahan Lingkungan, Mendorong Pemerintah untuk Peduli dengan Lingkungan dan Kebutuhan serta Pelayanan Masyarakat, Melakukan Perlawanan Apabila Terjadi Ketidakadilan Kebijakan Pemerintah terhadap Rakyat.

Selain itu Kirab juga mempunyai relawan yang bekerja berdasarkan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) antara lain memiliki kewajiban dalam melakukan sosial control, mengkritisi namun memberikan solusi, bekerja keras dengan asas cepat dan cerdas dan sebagai agen perubahan di tengah masyarakat dalam hal-hal positif serta ke arah yang lebih baik.

Pada rapat tersebut Indra Buana Tanjung, SH selaku Direktur Kirab Provinsi Sumatera Utara menyampaikan pemaparannya mengenai permasalahan lingkungan yang saat ini sudah berada pada level yang mengkhawatirkan, penyebab permasalahan lingkungan tersebut antara lain karena lemahnya pelaksanaan pengawasan baik dari masyarakat maupun aparat penegak hukum, terjadinya eksploitasi lingkungan yang berlebihan dan mencemarkan lingkungan, penegakan hukum yang tidak berpihak kepada lingkungan dan kurangnya kesadaran masyarakat tentang menjaga lingkungan terhadap pencemaran.

Sehubungan dengan permasalahan lingkungan tersebut maka Kirab hadir untuk memberikan solusi nyata sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan masalah lingkungan antara lain melakukan normalisasi sungai dan saluran air sehingga dapat mengalir dengan baik, pembuatan program kerja yang berbasis lingkungan di berbagai daerah, kampung bebas rokok dan obat-obatan psikotropika, bedah kampung (dari kampung kotor dan tercemar menjadi kampung bersih dan nyaman/sehat), pembuatan biogas guna mengelola lingkungan dan mengubah barang tidak berguna menjadi berguna dan pembuatan bank sampah dan berbasis 3R (Recycle, Reduse, Reuse).

Selanjutnya setelah pembentukan Kirab Kabupaten Langkat ini selesai, maka Sutiman, S.Ip sebagai Ketua Umum Kirab Langkat langsung memaparkan Program Kerjanya yaitu :

Pertama pelaksanaan bimbingan teknis fasilitator lingkungan.

Kedua pendidikan dan pelatihan pengelolaan bank sampah sekaligus pembentukan unit pengelola bank sampah yang dialokasikan di Desa Teluk Bakung, Kecamatan Tanjung Pura.

Ketiga sosialisasi kesadaran lingkungan guna mengajak masyarakat berperanaktif dalam menjaga kelestarian lingkungan. Berita Langkat, red