PDAM Tirta Bina Rantauprapat, Tidak Profesional Persulit Pelanggan Baru
Kantor PDAM Tirta Bina Rantauprapat

MUDANEWS.COM, Labuhanbatu – Manejemen Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemkab Labuhanbatu yaitu Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang disebut Pudam ( Perusahaan Daerah Air Minum ) Labuhanbatu, terkesan tidak profesional menjalankan manajemen perusahaan dalam menerima pelanggan air minum khususnya di Kota Rantauprapat.

Pasalnya, bobroknya serta lambatnya proses penerimaan pelanggan untuk pemasangan baru air minum di BUMD PDAM Tirta Bina Labuhanbatu kepada masyarakat, masuk sebagai pelanggan air minum.

Padahal, sesuai visi dan misis BUMD PDAM Tirta Bina milik Pemkab Labuhanbatu itu adalah untuk mencari dan melayani bagi masyarakat yang ingin menjadi pelanggan air minum.

“Visi dan Misi nya, BUMD PDAM Tirta Bina Labuhanbatu, menambah sebanyak-banyaknya masyarakat yang ingin masuk sebagai pelanggan air minum di perusahaan BUMD Pemkab Labuhanbatu tersebut. Bukan sebaliknya, mempersulit masyarakat yang ingin sebagai pelanggan air minum di perusahaan tersebut,” kata Juminah seorang ibu rumah tangga di Kelurahan Padang Matinggi kepada awak media Mudanews.com, Jumat (11/10/2019).

Menurut Juminah dan warga di jalan Padang Matinggi sekitar Kota Rantauprapat, sulitnya birokrasi dari manajemen BUMD PDAM Tirta Bina Labuhanbatu tersebut, akibat bobroknya pimpinan perusahaan tersebut.

“Bayangkan la pak. Kami masyarakat sudah bermohon kepada BUMD PDAM Tirta Bina Labuhanbatu, untuk memasukkan air minum PDAM ke rumah kami sebagai pelanggan. Kata pihak PDAM antri paling lama satu bulan. Sudah lewat satu bulan permohonan kami ke BUMD PDAM tersebut, buktinya, belum lagi dipasang pasang masukkan air ledingnya. Siapa masyarakat yang tidak kesal kayak begitu, birokrasi BUMD PDAM Tirta Bina tersebut,” ucap ibu rumah tangga itu kesal.

Terpisah, pimpinan perusahaan BUMD PDAM Tirta Bina Labuhanbatu Darwinsyah SE melalui Kepala Bagian Tehnik Pemasangan berinsial Indra, via selular pegawai PDAM dikantornya, mengatakan, bahwa Indra bersama pegawai PDAM Tirta Bina lainnya, masih sibuk.

“Mereka masih sibuk dilapangan pak dan harap sabar serta menunggu antrian. Sebab, banyak yang bermohon sudah berbulan-bulan lamanya, ya antri la pak,” ucap pegawai penerimaan permohonan bagi pelanggan baru BUMD PDAM Tirta Bina Labuhanbatu.

Elemen masyarakat yang juga sebagai ibu rumah tangga di Kelurahan Padang Matinggi Kecamatan Rantau Utara, Labuhanbatu, berharap kepada Bupati Kabupaten Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, sebagai pimpinan tertinggi didalam manajemen perusahaan BUMD PDAM Tirta Bina Labuhanbatu tersebut, agar dapat mentertibkan birokrasi dan manajemen perusahaan milik Pemkab Labuhanbatu tersebut.

PDAM Tirta Bina Rantauprapat, Tidak Profesional Persulit Pelanggan Baru
Bupati Kabupaten Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe

“Janganlah, terkesan bobrok. Harus provesionallah dan cepat serta tangkas dalam melayani bagi warga masyarakat yang masuk sebagai pelanggan baru. Tentunyakan, banyak bertambah pelanggan BUMD PDAM Tirta Bina Labuhanbatu, suatu keuntungan bagi Pemkab Labuhanbatu,” ucap ibu ibu rumah tangga mengakhiri dan mengharapkan Bupati H Andi Suhaimi harus bijak dan tegas. Berita Labuhanbatu, Mora Tanjung