Walikota Buka Bazar UKM, Pemko Medan Dukung Kemajuan UMKM

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi membuka Bazar UKM Medan, di atrium Hermes Place, Senin (4/12).

Perhelatan yang digelar Dinas Koperasi Medan itu diramaikan puluhan stand yang memamerkan berbagai kuliner, hasil kerajinan tangan dan busana produksi UKM di kota ini.

Turut hadir dalam acara itu Ketua TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda Medan, Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin SH, Kepala Dinas Koperasi Ir Emilia Lubis, dan segenap pejabat jajaran Pemko Medan. Pembukaan itu ditandai pemukulan gong oleh Walikota yang didampingi Ketua Dekranasda dan Kepala Dinas Koperasi Medan.

Dalam sambutan, Walikota memaparkan, posisi Medan yang strategis didukung keragaman etnis dan budaya serta daya saing UMKM dan UKM yang kian meningkat tentunya menjadi kekuatan dalam meraih pasar yang lebih besar.

“Bazar ini juga merupakan kesempatan baik bagi para pelaku UMKM dan UKM untuk dapat mengembangkan dan menguatkan kapasitas serta meningkatkan akses pasar, sekaligus sebagai dukungan promosi bagi produk yang dihasilkan,” ungkapnya.

Walikota menyebutkan, bentuk lain komitmen Pemko Medan dalam memajukan UMKM dan UKM adalah membantu permodalan, memberikan pelatihan-pelatihan, serta membantu mempromosikan produk unggulan dengan cara melibatkan pelaku usaha dalam kegiatan yang dilaksanakan Pemko Medan.

“Alhamdulillah, berkat sinergitas dan kebersamaan yang kita bangun selama ini, Medan mendapat Penghargaan Natamukti 2017 dari International Council for Small Business Indonesia, sebagai bentuk apresiasi atas upaya memajukan UMKM di Medan,” ungkap Eldin, seraya berharap, penghargaan ini dapat memotivasi semua pihak agar bergandeng tangan memajukan UMKM dan UKM di Medan.

Usai membuka bazar tersebut, Eldin meninjau stand-stand. Didampingi Rita Maharani, Eldin berdialog dengan pelaku UKM yang menjadi peserta dalam Bazar itu. Orang nomor satu di jajaran Pemko Medan itu juga membeli beberapa produk UKM yang dipamerkan.

Sebelumnya, Kadis Koperasi Ir Emilia Lubis menerangkan, bazar ini bertujuan memberikan kesempatan kepada UKM untuk dapat mempromosikan produk usaha dan wahana edukasi.

Selain itu, bazar ini juga menjadi wahana interaksi dan kontak bisnis langsung dari para pengelola UKM, terutama dengan para investor, buyers, penyedia teknologi, dan kalangan lain di tingkat nasional guna meraih peluang bisnis dan menjalin kerjasama yang saling menguntungkan.

Bazar ini juga bertujuan memperkenalkan, mempromosikan produk UKM kepada masyarakat guna meningkatkan perekonomian pelaku UKM. (md-03)

- Advertisement -

Berita Terkini