Bupati Tapteng Harapkan Penggunaan Dana Desa Tepat Sasaran

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Tapteng – Bupati Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Bakhtiar Ahmad Sibarani, harapkan penggunaan Dana Desa tepat sasaran. Hal itu ditegaskan Bakhtiar, Rabu (18/10/2017), saat menghadiri Penyuluhan Hukum Kegiatan Dana Desa se Kecamatan Tukka, Pandan dan Sarudik.

Bupati berpesan agar seluruh kepala desa dapat menggunakan anggaran dana desa dengan bijak, hati-hati dan penuh tanggung jawab sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku.

“Saya harapkan tidak ada satu pun Kepala Desa di Tapteng ini yang tersangkut masalah hukum, dan pembinaan melalui proses hukum merupakan pilihan terakhir untuk dilakukan,” harapnya.

Menurut Bakhtiar, untuk dimaklumi bersama bahwa Kepala Desa memiliki tugas yang cukup berat, yakni melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat.

“Untuk itulah peran penting dari Tim Pengawal, Pengamanan, Pemerintahan dan Pembangunan (TP4D) diperlukan. Melalui TP4D diharapkan adanya upaya preventif dan persuasif dalam kegiatan perencanaan, pelaksanaan maupun pemanfaatan hasil pembangunan,” jelas Bakhtiar.

Lanjutnya, keberadaan TP4D selain untuk mendorong pelaksanaan pemerintahan yang bersih, aman dan terhindar dari masalah hukum, juga sebagai sarana strategis untuk menguatkan jalinan koordinasi dan sinergitas antara Pemkab Tapteng dengan pihak Kejaksaan Negeri Sibolga dan Polres Tapteng.

“Dengan adanya pengawalan atau bimbingan secara khusus dari Kejaksaan Negeri Sibolga dan Polres Tapteng, diharapkan dapat meminimalisir terjadinya penyimpangan yang dilakukan baik secara sadar maupun tidak sadar dalam lingkup pemerintahan daerah dan desa,” terangnya.

Pantauan Awak Media, penyuluhan Dana Desa itu dihadiri Kajari Sibolga, mewakili Polres Tapteng, Sekdakab dan SKPD tapteng, Camat Tukka, Camat Pandan, Camat Sarudik, Kepala desa, BPD, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda. Berita Tapteng, Arjuna

- Advertisement -

Berita Terkini