Pusat Pengamatan Hilal, OIF UMSU Dukung dan Kembangkan Iptek

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Observatorium Ilmu Falak (OIF) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menjadi pusat pengamatan hilal bagi Pemerintah Kota Medan bersama Majelis Ulama Indonesia Medan serta ormas Islam di kampus Program Pascasarjana, Jalan Denai Medan.

Pengamatan dilakukan di lantai 7 gedung pascasarjana menggunakan sejumlah teleskop terbaru yang dimiliki OIF UMSU dihadiri Rektor Dr Agussani MAP. Dan Kakandepag Medan H Iwan Zulhami SH MAP serta Walikota Medan Dzulmi Eldin

Walikota Medan Dzulmi Eldin mengatakan, sangat bangga dengan fasilitas dan peralatan yang dimiliki OIF UMSU, karena semakin lengkap dan terus diperbarui.

Sudah seharusnya keberadaan OIF UMSU mendapat dukungan semua pihak karena sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya dalam mendukung dan mengembangkan ilmu pengetahuan.

Eldin menegaskan, OIF UMSU sangat besar peranannya dalam mendukung pembangunan di Kota Medan. Kerjasama Pemko Medan dengan UMSU diharapkan tidak hanya dalam pengamatan hilal, tapi bisa lebih dikembangkan untuk kemajuan pendidikan.

Rektor UMSU Agussani mengatakan, OIF telah memiliki sejumlah teleskop canggih berbasis digital. Teleskop tersebut memudahkan siapa saja yang mengamati hilal meski pada siang hari.

Pengamatan dengan menggunakan teleskop OIF dapat langsung terekam komputer dan hasilnya terdokumentasi sehingga menjadi bahan kajian yang hasilnya dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.

“Pengamatan hilal bersama Pemko Medan, MUI dan bekerjasama dengan BMKG tidak hanya bermanfaat untuk masyarakat muslim di Sumatera Utara. Kegiatan ini juga bagian dari pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi di antaranya melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” katanya

OIF UMSU juga menyediakan ruang wisata dan edukasi bersifat konvensional dan digital yang dapat membuka cakrawala pada dunia ruang angkasa. Fasilitas inilah yang selama ini banyak menarik perhatian masyarakat khususnya pelajar di Kota Medan untuk melakukan kunjungan wisata edukasi.

Sementara itu, Ketua MUI Kota Medan Prof H Mohd Hatta memberikan apresiasi kepada UMSU yang telah memfasilitasi kegiatan pertemuan dengan berbagai ormas keagamaan melalui pengamatan hilal. Kebersamaan ini sangat bermanfaat karena sekaligus bisa jadi ajang silaturahim.

Sebelumnya, Kepala OIF UMSU Dr Arwin Juli Rakhmadi Butar butar MA mengatakan, pihaknya  telah mengetahui awal Ramadan berdasarkan perhitungan dan pengamatan langsung yang dilakukan. Berita Medan, khairul

- Advertisement -

Berita Terkini