Dinas Perikanan Batubara, Gelar Pelatihan Pembuatan Stick Jeruju

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Batubara – Dinas Perikanan Kabupaten Batubara menggelar kegiatan pelatihan pembuatan makanan Stick Jeruju di Balai Sikaya Maritim Dinas Perikanan di Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batubra, Selasa (23/5/2017).

Jeruju sendiri adalah jenis tumbuhan liar yang mudah tumbuh dipesisir pantai dan memiliki nama latin Acanthus ilicifolus, dalam bahasa melayu disebut Jeruju, sedangkan dalam bahasa Jawa disebut daruju, ciri-cirinya tumbuh tegak atau berbaring pada pangkalnya, tinggi berkisar 0,5-2 meter dan berumpun banyak.

Dan Jeruju sendiri dapat diolah menjadi aneka pangan seperti keripik dan teh jeruju, menurut penelitian jeruju mengandung flavonoid dan asam amino, dalam pengobatan china tanaman ini dikatakan dapat bersifat antiradang, ekspektoran yang baik untuk tubuh manusia.

Kegiatan yang di ikuti sekitar 80 orang ibu-ibu nelayan, berlangsung selama dua hari ini dimulai dari tanggal 23-24 Mei 2017, peserta yang terdiri dari empat kecamatan diantaranya Kecamatan Tanjung Tiram, Talawi, Lima Puluh dan Medang Deras.

Hal ini dikatakan Kadis Perikanan Kabupaten Batubara Ir Rinaldi melalui Kabid Pemberdayaan Masyarakat

Pesisir Ade Ginting didampingi Kasih Rahman Rezeki kepada Wartawan disela-sela acara.

Tidak cuma itu, untuk stick Jeruju dinas kelautan sudah memiliki izin pemasaran standart pemerintah, dan kedepan akan lebih kita seriuskan lagi, “katanya.

Menurut Ade, kegiatan ini bertujuan agar para ibu-ibu nelayan memiliki keterampilan dalam mengelolah jenis makanan yang bahan bakunya mudah didapat disekitar tempat tinggal para nelayan yang biasanya tinggal didaerah pesisir.

“Sekaligus diharapkan dengan adanya pelatihan semacam ini, ibu-ibu nelayan dapat memanfaatnya menjadi sumber pendapatan lain yang dapat meningkatkan taraf perekonomian keluarga, agar tidak selalu bergantung pada penghasilan suami sebagai nelayan, yang kadang tidak menentu penghasilannya.

Salah satu Panitia Pelaksana Hari menjelaskan kepada wartawan secara sekilas, sebelum mengolah jeruju hendaknya terlebih dahulu memotong duri yang ada pada daun, kemudian daun tersebut direndam selama satu malam untuk menghilangkan getah yang ada pada daun.

Dan selanjutnya daun jeruju siap di olah menjadi berbagai jenis makanan, dan untuk membuat stick jeruju daun jeruju dibelender terlebih dahulu, kemudian dicampur dengan menggunakan tepung dan ditambah dengan berbagai rempah-rempah dan seterusnya digoreng seperti menggoreng kue pada umumnya, hari juga menyarankan dalam membuat jeruju hendaknyalah menggunakan bahan asli tanpa bahan pengawet buatan. Berita Batubara, Erwin

- Advertisement -

Berita Terkini