Jalinsum Rusak di Labura, Ancam Keselamatan Pengguna Jalan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Labura – Kondisi Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di Labuhanbatu Utara mengalami banyak kerusakan yang mengancam keselamatan pengguna jalan yang melintas.

Pantauan MUDANEWS.COM Jalinsum di kawasan Kecamatan Kualuh Hulu sudah mulai terlihat tanda-tanda akan diperbaiki. Namun tidak demikian untuk Jalinsum di kawasan Kecamatan Kualuh Selatan.

“Baru-baru ini saya lewat dari Jalinsum depan pajak (pasar) Aekkanopan, ada keramaian. Ternyata ada orang terjatuh di lubang dan terseret mobil. Sudah banyak yang jatuh di situ. Oleh pedagang pajak, di atas lubang diletakkan keranjang,” kata Rahmad Fadhlan Sitorus, warga Aekkanopan Timur, Kecamatan Kualuh Hulu.

Dijelaskan Rahmad, jalan yang mulai diperbaiki di kawasan Kualuh Hulu malah mendatangkan masalah baru. Jalan yang digali dan dipatching jika tidak segera diaspal dan dibiarkan dalam waktu cukup lama malah membuat kesulitan pengguna jalan.

Sementara itu, Sekjend Komite Mahasiswa Labuhanbatu Utara (KMLU), Mhd Isnen Harahap mengatakan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah bertanggung jawab dalam penyelenggaraan secara pusat dan daerah sesuai UU No 22 Tahun 2009 .

“Jalinsum yang melintasi Kecamatan Kualuh Hulu dan Kualuh Selatan yang rusak itu adalah jalan Nasional. Maka yang bertanggung jawab atas penyelengaraan jalan tersebut adalah pemerintah pusat, yakni Kemen PUPR. Apalagi sudah dipatching, tapi tak kunjung pengaspalan, rentan sekali terjadi kecelakaan karena tajamnya pinggiran patching jalan tersebut,” kata Isnen.

Isnen berharap Pemerintah Pusat bisa mendesak penyelesaian pengerjaan sebelum banyak memakan korban. Terlebih, Kecamatan Kulauh Hulu merupakan Ibukota Kabupaten. Begitu pula Kualuh Selatan, jalan rusak dengan lubang yang dalam cukup mengancam keselamatan. Berita Labura, Ahmad Maherdika Hsb

- Advertisement -

Berita Terkini