Setelah Semalaman Tersesat di Hutan, Akhirnya Javilian di Temukan

Tersesat di hutan
Foto : Arjuna, Petugas SAR Sibolga dan personil Babinsa Sihaporas, saat berada di rumah keluarga Javilian.

MUDANEWS.COM, Tapanuli Tengah – Seorang pencari kayu rotan, Javilian Panggabean (42) yang dikabarkan tersesat di hutan saat mencari kayu rotan digunung Sipan Sihaporas Nauli, Kecamatan Pandan, Selasa (2/5) malam, ditemukan dalam kondisi selamat pada Rabu (3/5/2017) pagi.

Javilian ditemukan warga yang melakukan pencarian ditengah hutan Sipan Sihaporas, daerah Damset bendungan PLTA.

“Korban ditemukan warga di pertengahan jalan pulang di daerah Damset bendungan PLTA dengan selamat dan kondisinya pucat yang kemungkinan kedinginan karena tersesat satu malam di hutan,” jelas Kepala SAR Sibolga, melalui Kordinator Lapangan M Rio Faisal yang dijumpai diruang kerjanya, Rabu (3/5).

Javilian bersama dua temannya, yakni Nasrin Panggabean dan marga Silalahi, Selasa pagi mereka bertiga menaiki gunung Sipan Sihaporas untuk mencari kayu rotan seperti biasa. Sore harinya, setelah selesai melakukan pencarian kayu rotan mereka berangkat pulang dan saat itu juga kondisi cuaca buruk.

“Waktu mau pulang itu mereka, ada barang bawaan mereka yang tertinggal diatas. Sehingga korban naik kembali keatas untuk mengambil barang yang tertinggal, sementara dua temannya melanjutkan perjalan pulang sembari menunggu korban dibawah gunung,” katanya.

Karena khawatir Javilian tidak kunjung turun, kedua temannya melakukan pencarian. Hingga pukul 08.00 Wib kedua temannya tidak menemukan Javilian, akhirnya mereka pulang dan memberikan laporan kepada Lurah setempat, bahwa Javilian tersesat di hutan.

“Javilian tidak ditemukan juga, mereka akhirnya melapor ke Lurah setempat dan lurahnya melapor ke Babinsa setempat dan diteruskan ke Basarnas tadi pagi. Setelah itu kita langsung melakukan pencarian ke TKP dengan warga setempat. Sekitar jam 09.30 Wib Javilian berhasil ditemukan warga yang ikut melakukan pencarian di daerah Damset bendungan PLTA, dan saat ini Javilian sudah kita serahkan kepada keluarga,” ungkapnya. Berita Tapteng/Arjuna.