Polrestabes Medan Didemo, Mahasiswa Menuntut Lima Rekannya Dibebaskan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Puluhan Solidaritas Mahasiswa Medan (Solmed) menggelar aksi demo di Polrestabes Medan. Mereka mendesak Polrestabes Medan, membebaskan ke lima rekannya yang ditahan pasca bentrok dengan kepolisian, saat demo memperingati hari Pendidikan Nasional didepan kampus USU, Jalan Dr Mansur, Medan Baru, Selasa (2/5/2017) berlangsung.

Puluhan Mahasiswa mendatangi Polrestabes Medan, Jalan HM Said, Kecamatan Medan Timur, Sekira Pukul 14.00 WIB. Setibanya didepan pintu masuk, puluhan Mahasiswa langsung berorasi mendesak kelima rekannya untuk segera dibebaskan.

” Tidak ada landasan pihak berwajib menahan ke lima rekan kami. Mereka jelas tidak bersalah, karena saat itu kami melakukan aksi damai,” kata Aivo selaku pimpinan aksi saat aksi berlangsung di Polrestabes Medan, Rabu (3/5/2017).

Aivo menjelaskan, setelah aksi dibubarkan, Mahasiswa masuk kedalam kampus. Selanjutnya warga setempat dan beberapa orang diduga aparat kepolisian yang berpakaian preman (Intel) melakukan provokasi sehingga pintu gerbang kampus sempat ditutup.

“Jadi mereka (polisi) yang mengejar Mahasiswa kedalam kampus, bahkan ada juga yang melempari Mahasiswa dengan batu,” ungkap Aivo lagi.

Sementara Kabag Ops Polrestabes Medan, AKBP Doni Sembiring, yang menemui aksi massa mengatakan, aksi unjuk rasa yang dilakukan Mahasiswa saat itu membuat masyarakat sekitar marah.

” Jadi kami sebenarnya menyelamatkan kawan kalian. Kalau tidak karena saya, kawan-kawan kalian itu sudah mati,” kata Doni Sembiring dengan menggunakan pengeras suara.

Doni Sembiring juga menambahkan, Mahasiswa yang menuntut kelima rekannya dibebaskan, untuk memberikan kepercayaan penuh kepada polisi. Dalam mengusut kasus ini, apakah ke lima Mahasiswa yang ditahan itu bersalah atau tidak.

” Kalau dalam pemeriksaan nanti. ke lima teman kalian itu tidak terbukti melakukakan penganiayaan terhadap petugas. Maka dalam waktu 1 X 24 jam teman-teman kalian akan dilepaskan,”terangnya.

Pantauan MUDANEWS.COM di Mapolrestabes Medan, aksi demo puluhan Mahasiswa ini mendapat pengawalan ketat dari pihak kepolisian. Setelah menyampaikan tuntutannya, masa Solidaritas Mahasiswa Medan membubarkan diri. Berita Medan, Fadli

 

- Advertisement -

Berita Terkini