Duo Spesialis Pembobol Rumah Diringkus Petugas Polres Simalungun

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Laporan: Deva

MUDANews.com, Simalungun (Sumut) – Petugas Jatanras Polres Simalungun, Selasa (7/3) meringkus dua pembobol rumah milik Hajoran Harahap di Perkebunan PTPN IV, Sidamanik.

Kedua pelaku yakni, Frans Antonius Sitompul (29), alias Ancis, buruh harian lepas kebun Sidamanik yang bermukim di AFD 4, Nagori Simantin, Kecamatan Pamatang Sidamanik, Kabupaten Simalungun, dan Sultan Rianto Simarmata (18), seorang pelajar SMA Karya Simantin, tinggal di AFD IV, Kelurahan Simantin, Kecamatan Pamatang Sidamanik, Kabupaten Simalungun.

Kasat Reskrim Polres Simalungun AKP Damos Aritonang mengatakan, kedua pelaku melakukan pencurian di rumah korbannya pada 30 Januari 2017 lalu. Sebelum beraksi, keduanya diduga sudah terlebih dahulu membuat rencana.

“Ketika rumah ditinggal pemiliknya, Sultan Rianto Simarmata mengendap-endap masuk ke rumah tetangga korban dan selanjutnya masuk ke rumah korban melalui plafon,” beber Damos

Setelah berhasil masuk, pelaku merusak gembok yang ada di pintu kamar dan mengambil sebuah tas sandang berwarna hitam yang berisi sebuah ATM Mandiri dan buku tabungan, serta sebuah kertas berisi nomor PIN ATM.

Selanjutya, Sultan menyerahkan tas itu kepada Frans yang sudah menunggu di pertigaan jalan. Dengan menunggangi sepeda motor Honda Beat yang mereka pinjam dari Tua Turnip, keduanya mengambil uang di ATM Simpang Marjandi dan ATM Jalan Gereja dekat SPBU.

Korban yang mengetahui rumahnya dibobol maling kemudian membuat pengaduan ke pihak kepolisian. Dari hasil penyelidikan, polisi mencurigai Frans sebagai pelaku pencurian itu.

Petugas pun meringkus Frans dari tempat kerjanya. Setelah diinterogasi, Frans mengaku tidak sendiri melakukan pencurian itu, namun ditemani Sultan.

Tak berlama-lama, unit Jahtanras pun langsung meringkus Frans di sekolahnya.

“Kedua pelaku dan barang bukti dibawa ke Kantor Reskrim Polres Simalungun untuk dilakukan pemeriksaan,” ungkap Damos.[am]

- Advertisement -

Berita Terkini