Kepala Kantor Depag Medan Disurati Ombudsman Sumut?

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Laporan: Dhabit Barkah Siregar

MUDANews.com, Medan  –  Kepala Kantor Departemen Agama (Kakan Depag) Medan akan disurati Ombudsman Perwakilan Sumatera Utara (Sumut). Itu dilakukan, dalam menindaklanjuti laporan 14 guru bidang studi agama lantaran dana sertifikasinya belum dibayarkan.

“Menindaklanjuti laporan para guru agama tersebut, kita akan menyurati Kakan Depag,” kata Kepala Perwakilan Ombudsman Sumut, Abyadi Siregar di ruangannya, Kantor Ombudsman, Jalan Majapahit, Kecamatan Medan Petisah, Selasa (28/2).

Abyadi menjelaskan, hal itu dilakukan pihaknya sebagai upaya klarifikasi dalam menindaklanjuti laporan  tersebut. “Surat kita itu nantinya akan segera dikirim. Sedianya, Kakan Depag Medan dapat hadir memenuhi panggilan kita guna diklarifikasi terkait belum dibayarkannya dana sertifikasi itu,” jelas orang nomor satu di Perwakilan Ombudsman Sumut ini.

Abyadi menambahakan, sebelumnya, Ombudsman juga telah menyurati pihak Depag Medan. Namun saat itu, bukan Kakan Depag yang hadir ke kantor perwakilan Ombudsman Sumut pada Senin, (20/2) lalu melainkan Kasi Bimas Agama Kristen, Hendi Johan Simanjuntak. “Kita berharap, jangan yang lain diutus. Sebaiknya Kakan langsung yang hadir,” tambah Abyadi.

Dalam kaitan ini, Abyadi menerangkan, Ombudsman juga mensinyalir adanya dugaan korupsi yang dilakukan oknum Kementerian Agama Kota Medan menyangkut dana sertifikasi guru agama itu.

“Dari peninjauan kami, memang ada belasan guru yang belum mendapatkan dana sertifikasi. Namun, sebagian guru sudah mendapatkannya sejak 2016 kemarin. Ini menimbulkan tanda tanya,” terangnya.

Pimpinan Lembaga Negara yang konsen di bidang pelayanan publik ini mengungkapkan tanda tanya tersebut timbul sebab karena dana sertifikasi itu berasal dari sumber yang sama, yakni pemerintah.

“Mengapa sebagian dapat dana itu dan sebagian tidak. Sementara sumbernya sama. Jika dalam kaitan ini ditemukan hal yang tidak wajar, kami akan berkoordinasi dengan pihak ke jaksaan,” ungkapnya.

Infromasi sebelumnya, puluhan guru agam kristen menyambangi kantor perwakilan Ombudsman Sumut, Jalan Majapahit Nomor. 2 Medan. Kedatangan puluhan tenaga pendidik itu menyusul belum dicairkannya dana sertifikasi mereka . Sementara, guru bidang studi agama lain telah dibayarkan. [pu]

- Advertisement -

Berita Terkini