Padangsidempuan, Walikota Lantik Tim Saber Pungli

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Laporan: Indra

MUDANews.com, Padangsidempuan (Sumut) – Guna mewujudkan Kota Padangsidempuan bersih dari pungutan liar, Walikota Padangsidempuan, Andar Amin Harahap lantik 27 orang dari berbagai instansi dalam tim sapu bersih (saber) pungutan liar (pungli) Kota Padangsidempuan di Aula Kantor Walikota Padangsidempuan, Selasa (14/2) pagi.

Pembentukan saber pungli tersebut sesuai SK Walikota Padangsidempyan nomor I/KPTS/2017 tentang saber pungli Kota Padangsidempuan. Dalam kata sambutannya, Walikota Padangsidempuan, Andar Amin Harahap mengatakan, tujuan pembentukan sapu bersih (saber) pungli guna menyelenggarakan fungsi intelijen, pencegahan, penindakan serta mempunyai kewenangan membangun sistem pemberantasan dan pungutan liar. Selain itu juga, unit saber bertujuan membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan tugas pungutan liar di berbagai sektor layanan publik dengan berbagai tingkatan.

“Untuk itu, Unit Sapu Bersih Pungutan Liar Kota Padangsidempuan diharapkan menjadi motor pergerakan perubahan dalam pencegahan tindakan pungli dan harus sangat terbuka terhadap laporan yang ada dari masyarakt langsung. Jadi yang mencari tempat-tempat terjadinya pungli itu tidak sekedar hanya satuan unit sapu bersih pungli tetapi juga masyarakat diminta untuk ikut aktif dalam memberikan informasi dan laporan,” ungkapnya.

Selanjutnya, tambah Andar, masyarakat juga dapat melaporkan segala bentuk pungli yang terjadi kepada unit sapu bersih pungli yang dibentuk. Selain itu, diperlukan juga adanya daya upaya pemberantasan secara tegas, efektif dan mampu menimbulkan efek jera terhadap pelaku-pelakunya.

“Sehingga pada akhirnya, praktik pungli yang telah merusak sendi kehidupan masyarakat dapat dihilangkan sedini mungkin di Pemerintahan Kota Padangsidempuan,” pungkasnya.

Amatan wartawan, acara ini juga turut dihadiri Kapolresta Padangsidempuan, AKBP M Helmy Lubis, Kajari Padangsidempuan, Kalapas II B Padangsidempuan, dan berbagai staf ahli, asisten, kadis, kaban, kakan, camat se-Pemko Padangsidempuan.[jo]

- Advertisement -

Berita Terkini