Jadilah Pribadi yang Tangguh

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Oleh: Muhammad Taufiq Lubis

MUDANews.com, Medan (Sumut) – Baik buruknya kehidupan kita ternyata sangat ditentukan oleh pikiran. Kendalikan pikiran ke arah positif, maka kita tidak akan menjadi sosok emosional, melainkan faktual. Hudup kita akan bahagia, percaya diri, optimis, dan penuh gairah.

Pikiran merupakan kekuatan yang paling menakjubkan yang dianugerahkan Tuhan kepada manusia. Dengan kekuatan pikiran, manusia mampu menembus dasar bumi, menyelami kedalaman samudera, dan menjelajahi angkasa luar. Dengan kekuatan pikiran, manusia mampu melahirkan ilmu-ilmu pengetahuan, membangun harapan-harapan baru, dan membuat mimpi-mimpi menjadi kenyataan. Bahkan, dengan kekuatan pikiran, kualitas hidup seseorang bisa ditentukan.

Para pakar kejiwaan memandang pikiran sebagai faktor terpenting bagi kehidupan manusia. Hampir semua sistem kehidupankita, gerak tubuh, suasana hati, bahkan hidup kita, dikontrol oleh pikiran. Ketika melihat pacar atau pasangan kita berjalan didepan kita, pikiran mungkin akan memerintahkan mulut kita untuk menegurnya, menyuruh kaki kita untuk mempercepat langkah, atau meminta kita untuk tidak melakukan apa-apa.

Demikian pula halnya dengan perasaan kita, dengan informasi yang terkumpul di otak, pikiran memberikan perintah-perintah khusus kepada hati untuk menentukan suasana yang diinginkan. Umpanya, suatu hari kita ditinggal kekasih, pikiran kita akan memilih informasi-informasi yang berhubungan dengan kehidupan cinta kita dengannya, yang terekam oleh otak. Katakanlah pikiran kita memilih informasi yang berhubungan dengan hal-hal indah, yang pernah kita alami bersamanya. Pikiran kita akan mengolahnya dan menghasilkan instruksi, umpanya kita menyesal dan sedih karena  semua keindahan itu harus berakhir.

Instruksi akan diteruskan ke hati melalui perangkat psikologis kita, dan perasaan kita pun akan menjadi sedih. Sebaliknya, apabila pikiran kita memilih informasi-informasi  yang berhubungan dengan hal-hal menyebalkan si dia, umpamanya hidung peseknya, atau  kebiasaan buruknya, pikiran kita akan mengolahnyamenjadi instruksi bahwa kita senang dan bahagia karena mimpi buruk itu telah berakhir. Hati kita pun senang karenanya.

Jadikan Kenyataan Secara Positif

Dengan mengoptimalkan pikiran, kita dapat mengendalikan perasaan dan juga kehidupan ke arah yang kita inginkan. Dengan pikiran kita dapat mengubah perasaan sedih menjadi perasaan senang, takut menjadi berani, minder menjadi percaya diri, pesimis menjadi optimis, atau bosan menjadi penuh gairah. Maka tidak salah bisa seorang filsuf, Marcus Aurelius, memiliki pandangan bahwa “Hidup kita ditentukan oleh pikiran”.

Kalau berpikir tentang hal-hal menyenangkan, maka kita akan menjadi senang. Jika kita memikirkan hal-hal menyedihkan, kita akan sedih. Begitu pula bila berpikir soal hal-hal menakutkan, kita akan menjadi takut.

Rasanya memang sulit dipercaya. Namun, itulah adanya. Kalau merasa kantong kita menipis, lalu mengeluh seakan-akan kita orang paling sial, bisa jadi hari itu menjadi hari yang paling membosankan. Tapi bila kita bangun pagi, memandang ke luar jendela dan melihat bagaimana burung-burung bersiul menyambut pagi sambil merasakan kesejukan embun, tanpa mempedulikan kantong yang semakin menipis, mungkin kita akan mendapati hari itu sebagai hari baik, bagaimanapun cuaca hari itu, bagaimanapun beratnya masalah yang kita pikul hari itu, pikiranlah yang menentukan kehidupan kita. Yang kita  pikirkan ketika itu, itulah hidup kita.

Memang, ada banyak hal yang menyakitkan, yang membuat kita cemas atau kesal. Namun jangan larutkan diri didalamnya. Jangan biarkan masalah apapun membuat kita patah semangat. Berpikirlah pada hal-hal positif yang bisa dilakukan. Biarkan semua masalah berlalu tanpa meninggalkan luka fatal.

Dengan begitu kita akan menjadi orang tangguh yang tak mudah jatuh. Pikiran kita menjadi terbiasa untuk selalu positif, dan kita akan lebih mudah mencapai cita-cita. Bukan Cuma itu, pikiran positif serta kepercayaan diri kita akan menarik orang lain bergabung dengan kita. Mereka tidak akan membiarkan kita berjalan sendiri menghadapi semua masalah. Malah dengan senang hati akan menemani dan membantu kita melewati semua kesulitan. Dan yang lebih penting, hidup kita akan lebih menyenangkan.[jo]

- Advertisement -

Berita Terkini