Dirut Pelindo I : Infrastruktur Sumut Sedikit Terlambat

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Laporan: Dhabit Barkah Siregar

MUDANews.com, Medan (Sumut) – Direktur Utama (Dirut) PT Pelindo I, Bambang Eka Cahyana meyakini Sumatera Utara (Sumut) akan menjadi Provinsi yang paling menarik untuk investasi. Bukan hanya di Pulau Sumatera, tetapi juga untuk Indonesia.

Berdasarkan data perusahaan, Sumut merupakan salah satu provinsi yang kaya akan hasil perkebunan dan tambang. Hal itu, tentunya menjadi potensi bagi para investor untuk menanam modal. Namun, hal itu masih dalam wacana, sebab infrastruktur seperti terminal kapal, maupun pelabuhan belum memenuhi standar. Sehingga, wacana itu akan terealisasi setelah pembangunan.

“Sumut ini sebetulnya potensinya luar biasa. Kaya akan hasil perkebunannya, kaya akan hasil tambangnya. Hanya saja memang infrastrukturnya yang sedikit terlambat. Tahun 2017 ini setelah infrastrukturnya selesai semua, Sumut akan melejit,” ujar Bambang didampingi Dir PP Pelindo I, Imam A Sulaiman dan Corporate Secretary, M Eriansyah usai melaporkan sejumlah kegiatan dan progress pembangunan Pelindo I di lantai 10 kantor Gubsu, Jalan Diponegoro, Kecamatan Medan Petisah, Selasa (7/2).

Bambang mengatakan, dua tahun lalu, Pelindo I terus meningkatkan pembangunan infrastruktur pelabuhan. Hal itu dilakukan agar meningkatnya kapasitas dan produktivitas pelabuhan, yang berdampak pada kwalitas dan kapabilitas pelayanan di seluruh pelabuhan Pelindo I semakin baik.

“Dengan demikian inilah salah satu kesiapan Pelindo dalam rangka menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Karena kunci sukses dalam rangka menghadapi MEA adalah kwalitas pelayanan, efisensi yang itu semua merupakan daya saing,” sebutnya.

Dengan meningkatnya daya saing, lanjut Bambang, maka wilayah itu akan menarik investor atau pebisnis sehingga berlomba-lomba melakukan investasi dan menjalankan bisnis di Sumut.

“Saya yakin pada akhir 2017 ini banyak sekali perubahan di Sumut khususnya berkaitan dengan infrasruktur. Dari sisi Pelindo, sebagai salah satu BUMN yang bertanggung jawab menyiapkan infrastruktur Pelabuhan akan melakukan perubahan yang juga akan luar biasa. Apalagi seperti yang dibilang Pak Gubernur seperti halnya Kualatanjung tahap I Agustus 2017 kita targekan beroperasi. Ini akan menjadi pusat pertumbuhan perekonomian di Sumut,” terang Bambang.

Sebelumnya Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Ir H Tengku Erry Nuradi MSi didampingi staf ahli Gubsu, Binsar Situmorang dan Plt Kepala Bappeda Provsu Irman berharap sinergisitas Pemprovsu dan Pelindo I tetap terbangun demi mendorong pembangunan di Sumut.

“Kalau Tanjung Balai mudah-mudahan lebaran ini sudah bisa gunakan. Sedangkan yang di Sibolga pembangunannya sedang berjalan, mungkin Agustus atau September bisa selesai,” pungkas Erry.

Dalam pertemuannya, Pelindo I melaporkan sejumlah kegiatan di Pemprovsu yakni pengembangan pelabuhan Belawan dan Kuala Tanjung. Dan juga, telah membangun terminal kapal di Tanjung Balai dan Sibolga. Selain itu, Dirut Pelindo I juga menyampaikan, dalam waktu dekat terminal Bandar Deli akan mendatangkan kapal Cruz dari luar negeri. Tentunya, kedatangan kapal ini akan menambah jumlah wisatawan di Sumut.

“Pembangunan-pembangunan yang dilakukan Pelindo dalam rangka menunjang perekonomian di Sumut. Saya ucapkan terimaksih kepada Pak Bambang dan direktur lainnya semoga bisa bersinerja untuk Sumut yang kita banggakan ini,” tandasnya.

- Advertisement -

Berita Terkini