Kunjungi Sejumlah Kampus di Medan, Kapoldasu Tawari Mahasiswa Kuliah Umum Ilmu Kepolisian

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Laporan: Dhabit Barkah Siregar

MUDANews.com, Medan (Sumut) – Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapoldasu), Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel melakukan kunjungan silaturahmi ke sejumlah kampus di Medan, Rabu (11/1).

Dalam kegiatan itu, Rycko didampingi Karo Ops Kombes Pol Imam Prakoso, Karo SDM Kombes Pol Adi Kuntoro, Dirintelkam Kombes Pol Dedy Kusuma Bakti, Dirpamobvit Kombes Pol Hery Subiansauri, Dirbinmas Kombes Pol M Seno Putro, Kabid Humas Kombes Pol Rina Sari Ginting, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Sandi Nugroho dan Koorspripim AKBP Catur.

Adapun beberapa kampus yang dikunjungi, di antaranya kampus Universitas Sumatera Utara (USU) di Jalan Dr Mansyur, Medan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sumut di Jalan Pancing, Medan, Universitas Negeri Medan (UNIMED) di Jalan Pancing, Medan dan Universitas Nomensen di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Medan Timur.

Kabid Humas Poldasu, Kombes Pol Rina Sari Ginting mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari silaturahmi dan kerjasama dalam meningkatkan peran dunia pendidikan, serta pengabdian khususnya di Sumut.

“Poldasu dan sejumlah kampus di Medan melakukan penawaran kerjasama di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat,” ujar Rina.

Saat kunjungan di USU, Kapoldasu dan rombongan disambut oleh Rektor USU, Prof Runtung Sitepu, S.H,.M.Hum yang didampingi Wakil Rektor USU, Staf Ahli Bidang Akademik, serta Sekretaris Universitas.

Dalam sambutannya, Runtung berterima kasih atas kunjungan itu, lalu melanjutkan dengan memberi gambaran singkat mengenai USU yang memiliki 15 Fakultas, 159 Program Studi dengan jumlah dosen sebanyak 1570 orang.

“Kita sampaikan pula kepada Bapak Kapolda terkait beberapa aset USU di antaranya Lahan Kampus USU di Kuala bekala dan Perkebunan di Langkat,” sebut Runtung.

Pada kesempatannya berbicara, Rycko menyatakan rasa terima kasihnya atas sambutan yang diberikan.

“Tujuan kedatangan kami ke sini adalah untuk mempererat silaturahmi serta ingin membuka komunikasi yang lebih intens untuk mencapai tujuan bersama,” kata Rycko.

Sambung Rycko, kunjungan itu berlatarbelakang pendidikan dan keilmuan, karenanya ia menyempatkan untuk memberikan kuliah umum mengenai ilmu kepolisian. PTIK, tambah Rycko, Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) merupakan kampus tertua di Indonesia dan sebagai perguruan tinggi pertama yang mengajarkan Study Ilmu Kepolisian di dunia.

“PTIK dibangun oleh founding father Polri pada tanggal 17 Juni 1946 dan merupakan kampus tertua di Indonesia. Pada dies natalis ke 69 yang jatuh tanggal 17 juni 2016 yang lalu, Ilmu Kepolisian sudah diakui sebagai ilmu pengetahuan. Oleh sebab itu jika dberikan waktu maka saya ingin memberikan kuliah umum tentang ilmu kepolisian yang dapat dikaitkan dengan proses demokrasi,” jelas Rycko.

Dalam pertemuan di ruang kerja Rektor, juga dibahas rencana kerjasama di bidang penelitian identifikasi dan inventarisir berbagai sumber konflik sosial di Sumut. Selanjutnya, hasil penelitiannya diharapkan mampu menjadi saran, rekomendasi, bahkan solusi bagi para pemangku kepentingan di Sumut.

Sehingga dapat mensinyalir dan mengantisipasi lebih awal potensi ancaman kriminal dan konflik yang ada di Sumut.

Sementara itu, Rina menyampaikan, bahwa Poldasu dan USU juga akan mengadakan kerjasama di bidang pendidikan untuk membuka kelas bagi polisi yang belum memiliki gelar sarjana, terkhusus para penyidik guna memperdalam ilmu hukum.

“Kapoldasu juga menawarkan diri untuk memberikan kuliah umum terkait Ilmu Kepolisian kepada Mahasiswa USU,” sebut Kabid Humas Poldasu itu.

Rencananya, dalam waktu dekat akan dilakukan penandatanganan nota kesepahaman kerjasama (MoU) di bidang pendidikan dan keilmuan itu.

Pertemuan diakhiri dengan tukar menukar cindera mata dan plakat serta penyerahan Buku Ilmu Kepolisian dari Kapolda Sumut. Usai kegiatan pertemuan di USU, Kapoldasu dan rombongan kemudian bergerak ke kampus lainnya.

Diharapkan kegiatan silaturahmi tersebut dapat dilakukan secara berkala dalam upaya membangun pendidikan di Sumut.[am]

- Advertisement -

Berita Terkini