Sebelum Heli AW139 Hadir Di Sumut, Dulu Pernah Ada Heli Bolcow

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Laporan: Dhabit Barkah Siregar

MUDANews.com, Medan (Sumut) – Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Pemprovsu dan Basarnas dalam rangka mendatangkan Heli AW139 telah dilakukan, di Hanggar Lanud Soewondo, Jalan Avros, Kecamatan Medan Polonia, Selasa (10/1). Heli tersebut rencananya akan dimanfaatkan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan, serta penanggulangan bencana.

Heli AW139 itu, digadang-gadang sebagai heli termutakhir yang saat ini dimiliki Basarnas di Sumut. Namun, tak banyak diketahui, sebelumnya Sumut pernah memiliki heli jenis Bolcow.

Karena kondisi yang kian tua, kinerja dan performanya pun mulai menurun. Sehubungan itu, pada pertengahan tahun 2015 lalu, Basarnas menarik Heli Bolcow dari Sumut karena ditakutkan akan berdampak negatif pada saat penggunaanya.

“Ya, dulu kan’ pernah ada ya heli Basarnas di sini. Heli jenis Bolcow itu kalau nggak salah, yang masih penumpangnya hanya tiga orang. Nah, tapi sejak tahun 2014/2015 itu kan’ ditarik. Oleh karena itu, saya mencoba menyampaikan kepada Kabasarnas bahwa Sumatera Utara ini sangat rawan bencana. Dan juga, sebagai center (pusat) dari beberapa provinsi yang ada di sekitar sini (Sumut). Oleh karena itu kami (Pemprovsu) coba mengajukan permohonan beberapa waktu yang lalu dan alhamdulillah ditanggapi, kemudian hari ini sama-sama kita saksikan telah ada MoU untuk itu,” terang Erry di Hanggar Lanud Soewondo sebelum terbang menggunakan heli AW139, Selasa (10/1).

Setelah Heli AW139 berhasil didatangkan, diharapkan dapat menunjang dalam pelaksanaan program-program kemanusiaan, penanggulangan bencana dan sebagainya.

Dalam penggunaan Heli AW139, Pemprovsu melalui Gubsu, Tengku Erry Nuradi menyatakan akan menanggung biaya akomodasi para awak dan pilot.

“Kita hanya menanggung masalah akomodasi crew, karena crew-nya kan’ tinggal di sini,” tandasnya.

Dalam acara penandatanganan nota kesepahaman itu, turut hadir pula Gubsu Tengku Erry Nuradi, Kepala Basarnas pusat Marsekal Madya Felicianus Henry Bambang Soelistyo, Kasdam I/BB Brigjend Tiopan Aritonang, Pangkosek Hanudnas III Marsma TNI Jemi Tri Sonjaya, Danlanud Soewondo Kolonel PNB Arifien Sjahrir, Kepala BPBD Sumut dan Ketua PMI Sumut Rahmat Shah.[am]

- Advertisement -

Berita Terkini