KontraS Sumut : Sepanjang 2016, 75 Kasus Kekerasan Terjadi di Sumut

kontras sumut
kontras sumut

MUDANEWS.COM, Medan – Dalam catatan yang dimiliki oleh Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan/KontraS Sumut, sepanjang tahun 2016 telah terjadi 75 kasus kekerasan yang mengakibatkan 105 korban luka dan 13 orang meninggal dunia.

Kekerasan tersebut terbagi dalam katagori penganiayaan, intimidasi, teror, penyiksaan, penembakan, hingga menghilangkan nyawa seseorang.

“Dalam catatan KontraS, sepanjang Tahun 2016 terjadi 74 kasus kekerasan yang mengakibatkan 105 Korban luka dan 13 orang meninggal dunia,” kata Kepala Operasional KontraS Sumut, Amin Multazam.

Angka kekerasan ini muncul sebagai dampak dari penggunaan kekuatan secara berlebihan yang dilakukan oleh aparat kemanan, penanganan aksi massa, konflik agraria, dan bentrok antar masyarakat/ormas.

Dalam jumlah tersebut, sebagian besar kasus dilakukan oleh aparat keamanan terutama pihak kepolisian. Disusul dengan TNI, Satpol PP, dan orang tidak dikenal (OTK)

“Sebagian besar kasus kekerasan dilakukan oleh Aparat Keamanan, terutama pihak Kepolisian dengan 43 kasus . Menyusul kemudian TNI dengan 10 kasus, Satpol PP 5 Kasus, sisanya sebanyak 16 kasus dilakukan oleh OTK, preman, ormas kepemudaan  maupun Satpam (pamswakasa),” jelas Amin

Akses korban maupun keluarga korban dalam hal menuntut keadilan atas tindak kekerasan dan pelanggaran HAM yang dialami sepanjang tahun 2016 menurut KontraS Sumut seperti menempuh jalan terjal. Berita Sumut/MN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here