Profil Syah Afandin, Adik Syamsul Arifin dan Tiorita, Istri Eks Bupati Langkat

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Langkat – Siapa yang tak kenal dengan Syah Afandin SH atau yang juga akrab disapa Ondim. Seorang politisi ulung di Sumatera Utara (Sumut).

Ondim lahir di Pangkalan Brandan, 23 Juni 1966, pernah menjabat Pelaksana Tugas Bupati Langkat sejak 20 Januari 2022 hingga 20 Februari 2024.

Syah Afandin adik Almarhum Syamsul Arifin Bupati Langkat 2 periode, 1999-2004 dan 2004-2009 serta Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) periode 2008-2012.

Ondim merupakan politis PAN, pada Pemilu 2014 Ondim mencalon diri sebagai anggota DPRD Sumut Daerah Sumut 12, Binjai-Langkat. Dia berhasil lolos. Saat itu PAN mendapatkan satu kursi.

Kemudian, ia menjabat sebagai Ketua Fraksi PAN DPRD Sumut.

Sebelum habis masa jabatanya DPRD Sumut Ondim mengikuti calon wakil bupati dan berpasangan dengan Terbit Rencana Peranginan-angin memiliki jargo Terasa (Terbit Rencana-Syah Afandin) pada Pilkada 2018 dan terpilih.

Selama dua tahun, Ondim menjabat Wakil Bupati Langkat. Dalam perjalanan, Terbit Rencana terjerat kasus korupsi pada Januari 2022 diamankan KPK.

Saat ini, Syah Afandin sebagai Ketua DPW PAN Sumut dan Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Langkat periode 2024-2028.

Beberapa bulan ini, nama Ondim sedang dibicarakan ‘hangat’ oleh Guru yang mengikuti Seleksi PPPK Tahun 2023 Kabupaten Langkat.

Bagaimana dengan Tiorita Br Surbakti?

Tiorita Br Surbakti, istri eks Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin-angin. Tiorita lahir 29 Juni 1969 (usia 55 tahun).

Tiorita pernah menjabat Ketua PKK Langkat ketika Terbit masih menjabat. Saat ini, ia diamanahkan menjadi Ketua DPD Golkar Langkat menggantikan suaminya. Ia juga anggota DPRD Sumut terpilih periode 2024-2029.

Ketika sidang di Pengadilan Negeri Stabat kasus kerangkeng manusia, Tiorita selalu setia mendampingi sang suami Terbit Rencana.

Untuk diketahui, Syah Afandin-Tiorita diusung 11 partai politik pemilik suara sah Pemilu 2024, yakni Partai Golkar, NasDem, PDIP, PAN, Gerindra, Demokrat, PKS, PBB, Perindo, Gelora dan PSI.

Mereka memiliki jargon Satria (Syah Afandin-Tiorita) yang telah mendaftar ke KPU Langkat, Syah Afandin-Tiorita disambut komisioner KPU dan Bawaslu Langkat dengan wajah senyum saat mendaftar di KPU Langkat, Kamis, 29 Agustus 2024.

“Saya Syah Afandin dan Tiorita sudah sepakat dengan jargon Satria, mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada kita semua dengan mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT. Kami sungguh berbahagia dan berbangga hati proses pendaftaran hari ini bisa berjalan dengan baik. Tentunya ini berkat dari dukungan dari bapak Ibu sekalian,” kata Syah Afandin didampingi ketua partai pengusung dan relawan saat mendaftar di KPU Langkat.

Ondim sapaan akrab Syah Afandin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut mendaftar, ini awal permulaan buat kita semua sebagai pengusung.

“Kami berharap dan relawan kami untuk melakukan hal hal yang sportif, tidak melanggar hukum, aturan untuk kemenangan nanti, Insya Allah, kalau pun Ridho Allah kita ditakdirkan memimpin Langkat, kita adalah pemimpin yang bersih dengan nawaitu (niat-red) yang bersih dengan usaha yang bersih,” kata Syah Afandin sebelum menjabat sebagai Plt Bupati Langkat selama dua tahun lebih menggantikan Terbit Rencana Perangin-Angin.

“Kami pasangan Syah Afandin-Tiorita akan maju sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Langkat Periode 2024-2029.
Dengan tekad dan semangat yang kuat serta didukung oleh keinginan bersama kita semua, baik dari partai pengusung dan seluruh masyarakat Langkat,” kata Ondim yang pernah menjadi Wakil Bupati Langkat berpasangan dengan Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin Angin pada periode 2019-2024 saat mendaftar ke KPU Langkat, Kamis, 29 Agustus 2024. (red)

Berita Terkini