Rentetan Prestasi Hingga Catat Sejarah di Perjalanan Kepemimpinan Era Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
MUDANEWS.COM, Pematangsiantar – Belum Genap dr Susanti Dewayani SpA sebagai Wali Kota Pematangsiantar telah memiliki segudang prestasi baik dari segi pemerintahan, bahkan penghargaan yang sangat membantu pembangunan-pembangunan di Kota Pematangsiantar. Selasa (27/08/2024).
Kehadiran Pemerintah juga menjadi indikator (tolak ukur) ditengah-tengah masyarakat.
Pasalnya, sosok dr Susanti selalu menghadiri undangan-undangan yang dilayangkan, baik dari organisasi agama, organisasi pemuda, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, bahkan tokoh masyarakat dan politik.

Berikut Penghargaan dan Prestasi yang dicapai Pada Tahun 2022 Hingga 2024:

– Penghargaan ini merupakan penghargaan Top BUMD awards ketiga kalinya yang diterima Perumda Tirta Uli, dengan perbaikan peringkat pada tahun 2024 mendapat bintang 5 (excellent) dari Tahun 2023 mendapat bintang 5 dan pada tahun 2022 mendapat bintang 4 (sangat baik). Wali Kota Pematangsiantar dr. Susanti Dewayani, Sp.A menerima Penghargaan atas perolehan Dana Insentif Daerah Tahun 2022 dan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2023 Terbaik III untuk Kota Pematang Siantar bersama dengan Kepala Daerah Kabupaten/Kota lainnya.
⁃ Pasca pandemi Covid-19 perekonomian Kota Pematang Siantar terus membaik dengan capaian tahun 2022 sebesar 3,47 persen, meningkat 1,25 persen dibandingkan tahun 2021.
⁃ Pencapaian untuk mewujudkan Pematang Siantar yang Sehat, di antaranya umur harapan hidup masyarakat tahun 2023 di Pematang Siantar sebesar 74,75 tahun, meningkat dibandingkan tahun 2022 yang hanya 74,27 tahun. Hal ini menunjukkan Kota Pematang Siantar sebagai daerah dengan derajat kesehatan tinggi di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).
⁃ Didaulat Jadi Pemateri Indonesia-China Smart City Expo 2023 bersama Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.
⁃ Capaian Pemerintah Kota Pematang Siantar kembali meraih penghargaan dari Badan Pemeriksa Keuangan RI Perwakilan Sumut terkait perolehan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2022 selama dua kali berturut-turut sejak Tahun Anggaran 2021 dan saat ini Tahun Anggaran 2022.
⁃ Top Pembina BUMD Award Tahun 2022, Tahun 2023 dan Tahun 2024.
⁃ TOP BUMD AWARD Bintang 4 di Tahun 2022, Bintang 5 di Tahun 2023 dan 2024.
⁃ TOP CEO BUMD Award di Tahun 2022, 2023, dan 2024.
⁃ Terbaik Ketiga Penghargaan Pembangunan Daerah di Tahun 2023.
⁃ Zona Hijau Pelayanan Publik dari Ombudsman RI yang selanjutnya akan diperkuat melalui pembangunan Mal Pelayanan Publik Kota Pematangsiantar Tahun 2024.
⁃ Yayasan Kanker Indonesia Cabang Kota Pematang Siantar mendapat penghargaan Terbaik III (ketiga) dalam pengelolaan update website media sosial.
⁃ Capaian kepesertaan jaminan kesehatan masyarakat atas pelaksanaan cakupan kesehatan semesta (Universal Health Coverage atau UHC) telah berhasil mencapai target sebesar 96,62 persen.
⁃ Launching Ruang Audio Visual
⁃ Peresmian Terminal Tipe A Tanjung Pinggir bersama Presiden Joko Widodo.
⁃ Kader Inspiratif PKK Gandaria Lumbantobing diserahkan langsung Pelindung TP PKK Ny. Iriana Jokowi.
⁃ Telah tersusunnya master plan Smart City lima tahun ke depan
⁃ Optimalisasi Command Center, dan pemasangan 24 titik CCTV di wilayah Kota Pematang Siantar untuk pemantauan lalu lintas yang dapat diakses melalui website cctv.pematangsiantar.go.id.
⁃ Pelayanan fasilitas kesehatan di RSUD dr Djasamen Saragih meningkat, seperti penambahan layanan cathlab, layanan mammografi, layanan endoskopi, layanan instalasi rehabilitasi medis/fisioterapi, dan layanan akupuntur.
⁃ Pemerintah Kota Pematangsiantar, terus berkomitmen menurunkan prevalensi stunting dengan target di tahun 2023 sebesar 11,08 persen.
⁃ Pemerintah Kota Pematangsiantar menerima penghargaan Kota Terbaik Pencapaian Keluarga Berencana (KB) Pasca Persalinan Kategori Pasangan Usia Subur Tahun 2023.
⁃ Lalu, berdasarkan studi Bappenas, pembangunan ekonomi Kota Pematangsiantar paling inklusif di Provinsi Sumut dengan capaian indeks 6,43.
⁃ Di tahun 2023 Pemerintah Kota Pematangsiantar telah berhasil menurunkan angka kemiskinan pada posisi 7,24 persen, lebih rendah dari tahun 2022 yang mencapai 7,88 persen. Tingkat pengangguran terbuka juga berhasil diturunkan dari 9,36 persen di tahun 2022 menjadi 8,62 persen di tahun 2023.
⁃ Kota Pematangsiantar juga meraih Lencana Siddhakarya Tingkat Provinsi Sumut atas Kepedulian Pemerintah Kota Pematangsiantar dalam membina dan mendorong kemajuan perusahaan dan UMKM.
⁃ Capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Pematangsiantar sebagai ukuran kualitas hidup masyarakat tahun 2023 sangat baik karena telah masuk dalam kategori IPM sangat tinggi, yaitu 80,46 meningkat dari tahun 2022 yang hanya mencapai 79,71.
⁃ Terciptanya Mars Kota Pematang Siantar yang berkolaborasi dengan KS HIMAPSI, HIMAPSI dan Pemerintah Kota Pematang Siantar.
⁃ Ditetapkannya 5 Lokasi Cagar Budaya oleh Tim Ahli Cagar Budaya dengan Pemerintah Kota Pematangsiantar.
⁃ Terselenggaranya penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) tahun 2023 sampai 2043 secara lengkap untuk delapan kecamatan di Kota Pematang Siantar.
⁃Kota Pematang Siantar juga berhasil meraih Penghargaan Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia (KKP HAM) Tahun 2022 dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.
⁃ Pemerintah Kota Pematang Siantar melalui Dinas Pendidikan telah menyiapkan insentif guru PAUD bagi pegawai non ASN dan non sertifkasi, memfasilitasi peralatan belajar bagi siswa berupa peralatan multimedia, serta penyediaan layanan transportasi gratis bagi pelajar dengan Bus Layanan Pendidikan
⁃ Wali Kota dr. Susanti Dewayani, Sp.A mengajak seluruh stakeholder untuk tetap bekerja sama, bersinergi, dan berkolaborasi dalam mewujudkan Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas demi Pematang Siantar Bangkit dan Maju. Semoga di tahun 2024, pencapaian kinerja akan lebih banyak dan semakin baik.
⁃ Menerima Piagam Penghargaan di Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-6 Tahun Serikat Media Siber Indonesia (SMSI).
⁃ Wali Kota dr. Susanti Dewayani, Sp.A bersama Ketua Dekranasda H.K Erizal Ginting, SH dan PT PLN meresmikan Kampung Tenun Ulos Siantar.
⁃ Wali Kota dr. Susanti Dewayani, Sp.A menceritakan soal perjalanan predikat kota Toleran untuk kota Pematang Siantar. ” Pada tahun 2015, kota Pematang Siantar berada di urutan 3 di Indonesia, lalu pada tahun 2017 kota Pematang Siantar mendapat urutan 2, dan pada tahun 2019 kota Pematang Siantar mendapat urutan 5 se Indonesia. Namun setelah itu, kota Pematang Siantar berada di ranking 51, dan Alhamdulilah pada bulan April yang lalu tahun 2023, kota Pematang Sianțar sudah menduduki rangking ke 31, artinya ada peningkatan. Pada Tahun 2024 naik peringkat menjadi rangking ke-11 Se Indonesia.
⁃ Kota Pematang Siantar meraih 3 Penghargaan Lomba PKK tingkat Provinsi Sumut, yaitu Penghargaan Terbaik I Kecamatan Siantar Marihat dalam Kategori Lomba IVA Test untuk Kategori Kota, dan Terbaik I untuk Kategori Lomba Administrasi PKK untuk Kelurahan Nagapitu, sedangkan Kelurahan Baru Tampil Sebagai Juara II untuk Kategori UP2K PKK.
⁃ Prestasi Lomba PKK yang diraih ini sudah 2 (dua) kali berturut turut yang tahun ini Kecamatan Siantar Marihat dan Kelurahan Naga Pitu tampil sebagai Juara I, sedangkan Kelurahan Baru Kecamatan Siantar Utara tampil sebagai Juara II.
⁃ Wali Kota Siantar dr Susanti: ASN, Honorer, PPPK Diperhatikan, Jangan Dipersulit.
⁃ Perdana, Kamabiran dan Kakwarran Gerakan Pramuka Se-Kota Pematangsiantar dilantik KaKwarcab Erizal Ginting dan Kamabicab dr Susanti.
⁃ Pertama Kali sejak Puluhan Tahun, Lembaga Kerjasana Tripartit Siantar bahas UMK bersama Wali Kota dr Susanti.
⁃ Puluhan Tahun Mangkrak, Wali Kota dr Susanti Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan GOR Pematang Siantar, Revitalisasi Gedung GOR dimulai.
⁃ Selama 20 Tahun TPU Terealisasi Era Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti.
⁃ Pemko Pematangsiantaf meraih juara 1 PPD tingkat provinsi sumut terkait dana bergulir yang berada di dinas koperasi UKM dan perdagangan kota Pematangsiantar.
⁃ Revitalisasi Lapangan Haji Adam Malik Pematangsiantar.
⁃ Kota Pematangsiantar Didaulat Tuan Rumah Pertandingan Persahabatan Sepakbola Komwil I APEKSI.
⁃ Koordinasi atas Pengadaan Kuota CPNS dan PPK dari KemenPANRB.
⁃ Wali Kota Siantar dr Susanti Resmikan Taman Bermain Anak Lapangan Merdeka, Kota Ramah Anak.
⁃ Bertahun Tahun Terbengkalai, Berkat Komitmen Wali Kota dr Susanti berkolaborasi dengan BPN Siantar, Ring Road Temui Titik Cerah. Akselerasi PTSL Aset Pemko, Wali Kota dr Susanti Terima 132 Sertifikat dari BPN Siantar.
⁃Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA menghadiri dan menerima penganugerahan dan penyampaian hasil penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik (Opini Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik) Tahun 2023.
⁃Era Wali Kota dr Susanti, Kota Pematangsiantar Mendapat Predikat Kabupaten Kota Peduli HAM Tahun 2022.
⁃ Tren penurunan stunting tahun 2023 di kota pematangsiantar, dengan jumlah balita stunting sebanyak 284 jiwa, setelah dilakukan penanganan pada periode tahun 2023 kemudian didata kembali sebanyak 68 jiwa sudah tidak mengalami stunting. Sehingga jumlah balita stunting di kota pematangsiantar tahun 2023 berdasarkan aplikasi e-ppgbm sebanyak 220 orang (1,9%) lebih rendah dari studi status gizi indonesia (ssgi) sebesar 14,7 %.
⁃ Kondisi kemiskinan di kota pematangsiantar pada tahun 2022 adalah 7,8 %, perkembangan persentase penduduk miskin kota pematangsiantar masih dibawah angka provinsi maupun nasional, kota pematangsiantar telah berkomitmen dengan mengalokasikan anggaran pada perangkat daerah pengampu agar mendorong dan mengentaskan persoalan kemiskinan yang dihadapi.
⁃ Kota Pematangsiantar berhasil naik peringkat, dari predikat tinggi menjadi sangat tinggi pada indeks pembangunan manusia dari 79,70 poin pada tahun 2022 meningkat menjadi 80.46 poin pada tahun 2023
⁃ Tingkat kemiskinan juga berhasil diturunkan dari 7,88 persen pada tahun 2022 menjadi 7,24 persen pada tahun 2023.
⁃ Dan Untuk Tingkat Pengangguran Terbuka, Kota Pematang Siantar juga berhasil keluar dari peringkat pertama sebagai daerah yang paling tinggi tingkat penganggurannya se-Sumatera Utara pada tahun 2022 yaitu sebesar 9,36 persen menjadi 8,62 persen di tahun2023.
⁃ Prestasi UHC Award Tahun 2024, Kolaborasi Wali Kota dr Susanti dan Kanca BPJS Kesehatan Siantar, Kota Pematangsiantar 98,80% atau sebanyak 273.616 Jiwa, Penghargaan tersebut diserahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin kepada Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA.
⁃ TP PKK Kota Pematangsiantar tidak hanya berpartisipasi aktif, tetapi juga berhasil meraih sejumlah prestasi membanggakan dalam berbagai lomba yang digelar, antara lain: Lomba PHBS : Juara 1, Kelurahan Pardamean Kecamatan Siantar Marihat, Lomba Posyandu : Juara 2, Kelurahan Sukadame, Kecamatan Siantar Utara, Lomba LBS : Juara 3, Kelurahan Tomuan, Kecamatan Siantar Timur, Lomba Tertib Administrasi : Juara 2, Kelurahan Bukit Sofa, Kecamatan Siantar Sitalasari, Lomba PAAR : Juara 3, Kelurahan Timbang Galung, Kecamatan Siantar Barat
⁃ Catat Sejarah Baru Lagi, Era Wali Kota dr Susanti, Mal Pelayanan Publik Resmi Beroperasi di Pematangsiantar
⁃ Sejarah Baru Kembali Lagi tercatat di Pematangsiantar, Mall Pelayanan Publik yang akan mempermudah Masyarakat Mengurus Layanan dalam satu Atap Pelayanan Diresmikan Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti di gedung lantai III Pusat Perbelanjaan Ramayana Tahun 2024.

Berita Terkini