Resurrection Mahasiswa untuk Indonesia

Resurrection Mahasiswa
Faddah Helmi Attamry

MUDANEWS.COM – Mahasiswa menurut KBBI adalah orang yang belajar di perguruan tinggi secara administrasi mereka terdaftar di perguruan tinggi. Mahasiswa harus dituntut moral tinggi yang esensinya yaitu sebagai Agent of Change dan bertanggung jawab yang mendobrak perubahan-perubahan bagi harapan masyarakat kedepannya.

Sebagai Kaum intelektual peran pentingnya untuk membangun bangsa. Negara hari ini, perlu kita ingatkan dengan mengkritisi dan memberikan kontribusi serta sumbangsi, baik pemikaran dan tenaga, agar bangsa ini tidak sendiri melihat sudut pandang dalam menjalankan tugas dan peran pemerintah, ini adalah bagian demokrasi yang kita implementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Banyak yang harus kita benahi kekritisisan dari calon penerus bangsa untuk mampu memberikan saran opini serta tindakan kepada pemimpin negeri ini terkhusus lagi dalam suasana pandemi saat ini, agar masyarakat tahu bahwa mahasiswa berperan dalam mencetuskan sebuah pemikiran pemikiran untuk dapat melihat dan merasa kepedulian akan nasib masyarakat.

Mahasiswa dituntut sebagai generasi penerus estafet kepemimpinan bangsa, jika mahasiswa hari ini tidak siap mengahadapi revolusi indutri 4.0 maka generasi akan tertinggal dari bangsa bangsa lain, memang istilah ini sudah overused dalam pembahasan namun jika mahasiswa tidak melihat peluang saat ini maka yang ada nanti adalah keterpurukan, untuk itu mahasiswa kita harus membuat sebuah Resurection (kebangkitan) guna dalam memajukan generasi Indonesia.

Frasa Resurrection Mahasiswa (kebangkitan Mahasiswa) menjadi modal awal untuk mengakomodir visi dan misi mahasiswa itu sendiri agar sadar bahwa dia adalah kaum intelektual dan control sosial dalam membangkitkan kenalaran berpikir untuk generasi di Indonesia khususnya Sumatera Utara.

Mahasiswa harus memiliki daya kritik yang kuat kepada pemerintah dalam arti kata dapat menjadi jalan penengah atau garis penghubung antara masyarakat kepada pemerintah sebagai daya juang untuk membela rakyat. Perjuangan mahasiswa dan pemuda harus ideal dan struktural guna untuk terbentuknya sistematik yang manghasilkan suatu yang hal yang bermanfat bagi ummat, bukan sebagian kelompok tertentu melainkan semua lapisan dan aspek dapat merasakan kontribusinya secara faktual dalam kehidupan.

Kenapa harus membuat Resurrection Mahasiswa karena untuk menghadapi revolusi indutri 4.0 menuju society 5.0 apabila mahasiswa tidak uptudate maka kita akan left behind. Maka mahasiswa harus persiapkan 3 hal mendasar di masa depan diantaranya:

1. Kemampuan kognitif yaitu mampu dan mempenghuni sebagai Solution maker untuk memecahkan permasalahan yang komplit serta kemampuan memahami pikiran

2. Softskiil dalam kemampuan berkomunikasi empati, memiliki grout mindset dan adaptif

3. Teknologi yaitu ketangkasan dan pengusaan teknologi khususnya teknologi yang dibutuhkan.

Maka Resurrection Mahasiswa saat ini kita butuhkan dan kita harapkan untuk menjadi gelombang pergerakan positif dan menghidupkan demokrasi kembali walaupun pandemi saat ini masih menyelimuti kondisi kita tapi jangan pernah terbelenggu dalam pikiran dan gagasan apa lagi dipaku dalam tidur panjang mahasiswa itu sendiri.

Oleh : Faddah Helmi Attamry
Kader HMI Cabang Medan