REPDEM Sumut, Siap Sukseskan Rakernas II 2021

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Relawan Perjuangan Demokrasi (REPDEM) Sumatera Utara mengerahkan seluruh kekuatan untuk mensukseskan Rapat Kerja Nasional II yang akan diselenggarakan di BSD Tangerang Selatan, pada 27-28 Februari 2021 mendatang. Rakernas II ini juga sekaligus dalam rangka memperingati hari ulang tahun 48 PDI Perjuangan.

Menurut Ketua REPDEM Sumatera Utara, Martua Siadari, seluruh pengurus baik ditingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota berkeinginan untuk ikut dalam Rakernas II yang mengangkat tema “Soliditas Marhaenis”. Namun, karena kondisi pandemic Covid-19, Dewan Pengurus Nasional REPDEM hanya memperbolehkan Ketua DPD saja yang hadir secara fisik.

“DPN memfasilitas seluruh pengurus, baik ditingkat DPD, DPC dan Komisariat tidak perlu khawatir karena tetap bisa mengikuti pelaksanaan Rakernas tersebut melalui vitual zoom,” ujar Martua Siadari di Medan, Kamis (26/2/2021).

“Untuk seluruh pengurus REPDEM Sumatera Utara, DPD PDI Perjuangan Sumatera Utara, memfasilitasi pelaksanaan Rakernas II melalu vitual zoom dari Aula Bung Karno, di DPD PDI Perjuangan Sumatera Utara, dengan tetap mematuhi ptorokol kesehatan dan semua peserta yang hadir nanti akan di rapid test sebelum masuk ke aula untuk mengikuti Rakernas II,” jelasnya.

Menurut agenda, Rakernas kali ini REPDEM sebagai organisasi sayap PDI Perjuangan, mengagendakan pembahasan tiga isu utama, yaitu soal penguatan organisasi, metode advokasi & aksi, dan lingkungan hidup.

Martua mengatakan tiga isu utama yang sangat strategis tersebut, selain difokuskan pada penguatan organisasi ke dalam, aktivis REPDEM juga akan mendiskusikan medote efektif terkait advokasi/ pendampingan kasus kasus rakyat marhaen yang menjadi fokus segmentasi juang organisasi, serta strategi aksi perlawanan terhadap kelompok intoleransi.

Dalam rangka menindaklanjuti perintah DPP Partai terkait Lingkungan Hidup, sebagai kader ideologis partai, REPDEM juga memiliki kewajiban sejarah untuk turut serta konsen terhadap penghijauan, terhadap perbaikan lingkungan hidup untuk menyikapi berbagai kerusakan lingkungan yang menjadi salah satu faktor utama terjadinya berbagai bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan membanjirnya sampah tanpa proses pengolahan dan hilangnya sumber mata air.

“Selain karena memang masa bakti kepengurusan DPN REPDEM telah habis, Rakernas II ini sendiri dilaksanakan dalam mematuhi instruksi DPP PDI Perjuangan yang meniadakan Kongres atau Munas untuk seluruh organisasi sayap PDI Perjuangan termasuk REPDEM karena masa pandemi Covid-19 ini,” kata Martua.

Martua menambahkan bahwa dalam proses menetapkan Calon Ketua Umum REPDEM berikutnya, dalam Rakernas ini akan dilakukan musyawarah untuk menentukan calon Ketua Umum Repdem masa bakti periode berikutnya, yang akan diusulkan ke DPP Partai untuk kemudian ditetapkan oleh DPP Partai.

“Selain tentunya Masinton Pasaribu selaku anggota DPR RI yang merupakan Ketua Umum REPDEM, Rakernas II REPDEM ini akan dihadiri oleh Sekjen Mas Hasto, Pak Sukur Nababan, Pak Basarah, Pak Zuhairi Misrawi serta tokoh tokoh penting PDI Perjuangan lainnya, baik pada acara pembukaan, maupun penutupan,” kata Martua.

Momentum Rakernas II ini juga dimanfaatkan REPDEM Sumut untuk konsolidasi dan penguatan organisasi ditingkatkan cabang.

DPD REPDEM Sumut juga menyampaikan apresiasi kepada DPD PDIP Sumut yang memfasilitasi ruangan serta perlengkapan peserta untuk mengikuti Rakernas secara virtual.

“REPDEM Sumut berharap, komunikasi yang telah dibangun selama ini semakin meningkat kedepannya sehingga terjadi sinergitas. Agar REPDEM mampu memahami dan melaksanakan tugas-tugasnya sebagai sayap partai,” pungkas Martua. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini