Musda PAN Medan, Ada Sosok Perempuan Calon Formatur

Musda PAN Medan
Lailatul Badri AMd menyerahkan berkas kepada panitia

MUDANEWS.COM, Medan – Jelang, Musyawarah Daerah (Musda) ke-V, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanah Nasional (PAN) Medan sejumlah kader partai sudah mendaftar sebagai calon formatur.

Yang menarik saat penutupan pendaftaran calon formatur, Jumat (8/1/2021) di Kantor DPD PAN Medan, Jalan Bilal, Medan Timur dari 17 kader terdapat satu perempuan, yakni Lailatul Badri AMd.

Usai pengembalian formulir beserta biografi, Lailatul Badri mengatakan bahwa keinginan dirinya maju tidak terlepas untuk memajukan partai.

“Selain keinginan memenuhi hak sebagai kader DPD PAN Medan. Saya juga ingin berniat memberikan sumbangsih lebih besar untuk membesarkan serta menuju partai yang terdePAN,” kata wanita yang akrab disapa Lela ini kepada wartawan, Minggu (10/1).

Sambung, Lela dibalik keinginan dirinya maju sebagai tim calon formatur selain sebagai tonggak sejarah awal di partai berlambang matahari terbit juga untuk kesetaraan gender.

“Pemenuhan hak-hak perempuan sudah diatur disetiap partai politik, tapi sangat jarang terjadi kaum perempuan mau terlibat langsung di dalam proses perjalanan sebuah partai. Terutama di PAN sendiri sangat minim atas dasar ini saya berniat maju sebagai calon formatur sehingga adanya persamaan perempuan dengan laki-laki,” katanya.

Ketua POK DPD PAN Medan, M Edwin Sugesti Nasution mengatakan bahwa pelaksanaan Musda ke-V, DPD PAN Kota Medan hingga saat ini masih menunggu keputusan dari Dewan Pimpin Pusat (DPP) PAN.

“Untuk tahap awal sebagai mana mekanisme partai kita lakukan penjaringan terlebih dahulu terhadap calon formatur. Untuk selanjutnya tahapan ini akan kita sampaikan kepada DPW untuk diteruskan ke DPP,” katanya.

Ia mengatakan seluruh tahapan mekanisme akan memutuskan sebanyak 4 orang tim formatur.

Namun , kata Edwin untuk pelaksanaan Musda ke – V DPD PAN Kota Medan seluruhnya hanya menunggu keputusan dari DPP PAN.

“Untuk pelaksanaan Musda ini kami seluruh pengurus masih menunggu kepastian termasuk siapa saja calon tim formatur nantinya. Dan karena ini masa pandemi Covid-19 bagaimana proses tahapan pelaksanaan Musda ini masih kita tunggu,” ucap Edwin yang dalam hal ini memberikan apresiasi atas ada sejumlah pengurus yang maju sebagai calon formatur.

Sedangkan, Edy Saputra anggota Partai Amanat Nasional (PAN) memberikan apresiasi atas majunya rekan sejawatnya untuk menjadi calon formatur.

“Bagaimana pun kita merasa senang dan memberikan apresiasi atas langkah saudariku Lailatul Badri yang maju sebagai calon formatur di Musda PAN. Ini sebuah gebrakan politik terbaru bagi PAN,” ucapnya.

Ia mengatakan bahwa selama ini aturan pemenuhan kuota 30 persen di PAN sudah terpenuhi.

“Jelas ini warna baru bagi PAN karena adanya calon formatur perempuan yang maju. Selama ini aturan partai politik untuk kuota 30 persen perempuan sudah terpenuhi, tapi untuk calon formatur baru ini. Kita berharap dengan kehadiran perempuan bisa memberikan warna baru perjalanan politik PAN,” katanya.