Benarkah FPI Masuk Organisasi Teroris? Ini Kata Pengamat

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM , JAKARTA – Sebanyak 37 anggota Front Pembela Islam (FPI) terkait jaringan teroris. Sebanyak 20.068 kotak amal diduga untuk mendanai kelompok teroris. Di pihak lain, pemerintah juga dianggap gagal melakukan antisipasi.

Fenomena tersebut mengundang keprihatinan Prof. Dr. Hermawan Sulistyo, pengamat terorisme yang juga peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Melihat fakta bahwa 37 anggotanya terlibat terorisme, mungkinkan FPI termasuk organisasi teroris?

“Saya sungguh-sungguh prihatin. Seharusnya pemerintah bisa mencegah jangan sampai FPI menjadi organisasi teroris. Itu bisa dilakukan kalau kita punya road map yang jelas,” ungkap Kiki, panggilan akrab Hermawan Sulistyo, di Jakarta, Jumat (18/12/2020).

Sebelumnya, Ketua Harian Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Benny Mamoto mengungkapkan, sebanyak 37 anggota FPI terlibat aksi terorisme. Mereka bergabung ke kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) dan Mujahidin Indonesia Timur (MIT).

Ke-37 anggota FPI itu pun, katanya, melakukan serangan teror. “Kami mencoba membuka data, kebetulan saya Kepala Pusat Riset Ilmu Kepolisian dan Kajian Terorisme di UI. Saya buka datanya ada 37 anggota FPI atau dulunya anggota FPI yang bergabung dengan JAD, MIT dan sebagainya yang terlibat aksi teror,” kata Benny dalam diskusi virtual, Minggu (13/12/2020).

Beberapa di antara mereka, diperkirakan masih aktif terlibat aksi terorisme di berbagai tempat. Bahkan mereka menyembunyikan gembong teroris Noordin M Top.

“Ada yang akses ke senjata di Filipina Selatan dan Aceh. Ada yang melakukan pengeboman Polresta Cirebon, ada yang menyembunyikan Noordin M Top di Pekalongan, ada yang merakit bom dan sebagainya,” ungkapnya.

Benny menegaskan data tersebut bukan rekayasa, sebab beberapa di antara mereka sudah diproses oleh pengadilan dan terbukti bersalah.

“Data ini memang belum banyak dipublikasikan ke media massa. Tapi ini sudah melalui proses hukum, sudah divonis pengadilan sehingga ini sahih sekali datanya,” pungkas Benny.

Sementara itu, Polri mengungkapkan terdapat 20.068 kotak amal yang diduga untuk mendanai kelompok teroris Jamaah Islamiyah (JI) yang tersebar di 12 daerah.

“Informasi itu berdasarkan keterangan dari hasil pemeriksaan tersangka FS,” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono, Kamis (17/12/2020).

Kotak amal tersebut tersebar di Sumatera Utara (4.000), Lampung (6.000), Jakarta (48), Semarang (300), Pati (200), Temanggung (200), Solo (2.000), Yogyakarta (2.000), Magetan (2.000), Surabaya (800), Malang (2.500), dan Ambon (20).

Melihat banyaknya anggota dan mantan anggota FPI yang terlibat terorisme, Kiki mendesak pemerintah jangan lengah. Pemerintah harus segera melakukan kajian, apakah ormas tersebut masuk jaringan terorisme, dan bila terbukti maka patut dibubarkan.

“Pemerintah juga harus bisa menelusuri, dan kemudian memotong jalur-jalurnya, termasuk jalur dana,” pinta Kiki.

Masih soal FPI terkait jaringan teror, Kiki menilai saat ini terjadi perang narasi. “Pemerintah harus serius menggarap hal ini, jangan sampai kita kalah di medan perang dunia maya,” tandasnya. (Red)

- Advertisement -

Berita Terkini