Resensi Debat Arya Vs Adian, Dalam Sapa Indonesia Malam – Kompas TV

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM – Begini, saya menggarisbawahi pernyataan Arya Sinulingga soal hukum korporasi. Bahwa kasus pemecatan atau pergantian jelas mengacu atas mekanisme hukum perusahaan. Karena Adian Napitupulu pentinggi partai politik, saya berusaha mendekatkan silogisme itu pada kasus partai politik.

Anggaplah Garuda seperti partai politik. Dalam partai politik punya AD/ART sebagai pedoman organisasi. Sama halnya dengan Garuda yang memiliki hukum perusahaan sebagai aturan yang dijalankan. Di dalam partai, ketika seorang pengurus tingkat pusat dipecat oleh partai karena dugaan penipuan, itu adalah lumrah.

Partai politik punya otoritas penuh dalam mengambil keputusan sejauh itu sejalan dengan AD/ART partai. Bahwa, pihak kepolisian belum memutuskan kasus terduga, sepenuhnya itu kewenangan penegak hukum.

Partai juga punya hak memecat yang bersangkutan, demi reputasi partai politik dimata publik. Jangan sampai publik menilai, bahwa partainya itu menyimpan banyak penipu untuk dijadikan politisi. Maka persepsi itu merugikan nilai perjuangan partai.

Selasa, 30 September 2020 pukul 19.00 WIB

Oleh: Abi Rekso Panggalih

 

- Advertisement -

Berita Terkini