Relawan Indonesia Kerja, Pasang Spanduk Dukung Erick Thohir Perbaiki BUMN

Relawan Indonesia Kerja, Pasang Spanduk Dukung Erick Thohir Perbaiki BUMN
RIK Pasang Spanduk untuk mendukung BUMN Sehat Indonesia Kuat

MUDANEWS.COM, Medan – Kebijakan Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir memperbaiki kinerja Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dinilai relawan Jokowi Relawan Indonesia Kerja (RIK) sudah berada di jalur yang tepat. Kinerja Erick di Kementerian BUMN dalam merombak birokrasi  atau jabatan eselon yang membuat gerakan BUMN melambat bahkan sudah dipotong Erick.

Waketum DPP RIK Tito Victor Pakpahan mengatakan, sejak Erick membongkar kasus penyelundupan motor Harley Davidson dan memberhentikan mantan Dirut Garuda Indonesia, Ari Askhara dan beberapa pihak bermasalah di maskapai penerbangan plat merah itu dan membongkar permainan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yang merugikan nasabah sekitar Rp 16 triliun, dan permainan mafia alat kesehatan ditengah wabah Covid-19, serangan kepada Erick Thohir makin gencar.

“Kami DPP RIK melihat upaya penggembosan kepada Erick Thohir berlatar belakang kedua hal tersebut dan masalah lain soal mengakomodir bisnis kelompok tertentu di BUMN yang terganggu akibat keberanian Erick Thohir,” ujar Victor, Senin (28/9/2020).

Niat Erick yang juga berencana memangkas anak usaha perusahaan BUMN yang tak sesuai dengan bidang kerjanya, ujar Victor, membuat sejumlah pihak yang selama ini nyaman menjadi terganggu.

“Itu juga bagian yang tidak disukai pegawai BUMN yang selama ini rangkap jabatan di induk usaha dan anak usaha. Mereka tidak tahu malu menerima gaji dan beragam fasilitas dari induk usaha dan anak usaha BUMN meski perusahaan rugi berpuluh tahun,” tutur Victor.

Hanya saja, sambung Victor, belakangan ini Erick  diprotes karena menempatkan orang-orang bermasalah di Kementerian BUMN. “Ini perlu menjadi catatan bagi Erick ke depan. DPP RIK berharap Erick dipertahankan Presiden Jokowi di Kementerian BUMN,” katanya.

RIK, sambung Victor mengingatkan Erick sedapat mungkin menghindari praktik krononi dan nepotisme dalam penempatan jajaran komisaris dan direksi BUMN dan harus bebas kepentingan.

“Tolong hindari memilih teman atau sahabat bisnis, karena sangat rentan di serang lawan politik karena BUMN menjadi pusat perebutan uang para politisi selama ini,” tutur Victor.

Sebagai bentuk dukungan moril untuk Erick Thohir dan seluruh karyawan BUMN, RIK memasang spanduk di depan kantor-kantor BUMN di Sumatera Utara.

“Atas instruksi Ketum Sahat Simatupang kami pasang spanduk dukungan untuk Kementerian BUMN sehat, Indonesia kuat. Bilamana tekanan kepada Erick Thohir terus bergulir, kami siap aksi moril,” kata Victor. Berita Medan, red