Pergantian Panglima TNI Dikaitkan dengan Film G30S/PKI, Fadli Zon Sebut Gatot Usia Pensiun

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Jakarta – Anggota Komisi I DPR RI Fadli Zon angkat bicara soal pergantian jabatan Panglima TNI yang disinggung Gatot Nurmantyo dan dikaitkan dengan perintah menonton film G30S/PKI. Fadli mengatakan pergantian jabatan Gatot karena memasuki usia pensiun.

Fadli, yang saat itu menjabat Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPR RI periode 2017-2018, mengatakan tidak tahu apakah alasan spesifik dari pergantian Gatot sebagai Panglima TNI akibat ajakan menonton film G30S/PKI. Namun, Fadli menyebut saat itu Gatot sudah memasuki usia pensiun.

“Saya tak tahu persis apakah alasan pergantian Pak Gatot sebagai Panglima TNI karena ajakan menonton film G30S/PKI. Waktu itu (akhir 2017) saya menjabat Plt Ketua DPR menerima surat penggantian Pak Gatot dari Mensesneg RI di ruang kerja saya,” ujar Fadli kepada wartawan pada Rabu (23/9/2020).

“Tak ada alasan spesifik kenapa diganti cukup mendadak. Namun Pak Gatot memang memasuki usia pensiun dalam beberapa bulan waktu itu,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Fadli pun merespons baik ajakan Gatot yang meminta jajarannya menonton film G30S/PKI. Menurutnya, kudeta dan pembunuhan yang dilakukan PKI itu nyata.

“Saya sendiri setuju dengan ajakan menonton film tersebut. Sebagai sejarawan, saya membaca banyak buku dan dokumen serta mendengar dari banyak saksi mata bahwa jelas PKI melakukan kudeta dan pembunuhan para jenderal/perwira. Bahkan sebelum kudeta, PKI melakukan aksi-aksi sepihak yang menteror rakyat dan mereka yang berbeda haluan,” ujar Fadli.

Politikus Gerindra ini pun berharap film tersebut dapat diputar kembali. Ia menilai film G30S/PKI dapat menjadi pengingat agar sejarah yang buruk tidak terjadi kembali.

“Sebaiknya film itu diputar kembali untuk mengingatkan sejarah yang tak boleh lagi terjadi. Jangan hapus jejak sejarah atau memutarbalikkan sejarah,” tuturnya.

Diketahui sebelumnya, Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo berbicara soal perintah menonton film ‘G30S/PKI’ dalam channel YouTube Hersubeno Point seperti dikutip pada Rabu (23/9). Gatot Nurmantyo mulanya menyinggung berita pada 2017 soal generasi muda tidak percaya adanya PKI.

Gatot pun bicara soal arahannya untuk menonton film ‘G30S/PKI’ untuk memberi peringatan ketika dia menjabat Panglima TNI. Gatot lalu mengaitkan arahan ini dengan pergantian Panglima TNI.

“Pada saat saya menjadi Panglima TNI, saya melihat itu semuanya, maka saya perintahkan jajaran saya untuk menonton film G30S/PKI. Pada saat itu, saya punya sahabat dari salah satu partai, saya sebut saja partai PDI, menyampaikan, ‘Pak Gatot, hentikan itu. Kalau tidak, pasti Pak Gatot akan diganti’,” kata Gatot.

“Saya bilang terima kasih, tapi di situ saya gas karena ini adalah benar-benar berbahaya. Dan memang benar-benar saya diganti,” sebut Gatot.

Sumber : detik.com

- Advertisement -

Berita Terkini