KITA Sumatera Utara, Tolak Pihak yang Ingin Mencerai-Beraikan Bangsa

KITA Sumatera Utara, Tolak Pihak yang Ingin Mencerai-Beraikan Bangsa
Kerapatan Indonesia Tanah Air (KITA) Provinsi Sumatera Utara melakukan Deklarasi KITA yang diadakan di Monumen Pahlawan Nasional Raja Sisingamaraja XII di Medan, Sumut, Kamis (27/8/2020). (Dok. Istimewa)

MUDANEWS.COM, Medan – Perjuangan Pahlawan Sisingamangaraja ke-XII dalam mengusir penjajah mengilhami pembentukan Kerapatan Indonesia Tanah Air (KITA) Provinsi Sumatera Utara. Apa yang dilakukan Sisingamaraja di masa lampau, itu pula yang akan dilakukan KITA dalam menolak pihak-pihak yang ingin mencerai-beraikan bangsa ini.

“Bangsa ini sudah merdeka. Saatnya kita bersama mengisi kemerdekaan dengan semangat persatuan dan kesatuan di segala bidang. Bukan dengan membuat gerakan-gerakan yang berpotensi memecah-belah bangsa,” kata Dr. R.E. Nainggolan selaku Koordinator KITA Sumut dalam Deklarasi KITA yang diadakan di Monumen Pahlawan Nasional Raja Sisingamaraja XII di Medan, Sumut, Kamis (27/8/2020) yang dihadiri para pengurus, anggota dan masyarakat.

Dalam deklarasi tersebut dibacakan tekad bulat untuk mendukung pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin dan menolak segala bentuk upaya memecah-belah bangsa yang dilakukan kelompok-kelompok tertentu.

KITA Sumut, kata Nainggolan, akan terus mengumandangkan persatuan dan kesatuan bangsa. “Sebagai negara yang pluralis, persatuan menjadi kunci kemajuan bangsa,” tukas Nainggolan.

“Sejak dideklarasikan di Gedung Joeang, Jakarta, 19 Agustus 2020, KITA terus bergerak melakukan konsolidasi dan kegiatan sosial di seluruh Indonesia,” ujar Nainggolan. Berita Medan, red