Pilkada Binjai, Fungsi Humas Sangat Jitu di Bawaslu untuk Menyampaikan Informasi

Pilkada Binjai, Fungsi Humas Sangat Jitu di Bawaslu untuk Menyampaikan Informasi
Kordiv. Humas Hubal dan Datin Bawaslu Provinsi Sumut, Marwan SAg dan Ketua Bawaslu Kota Binjai, Arie Nurwanto, SH MH

MUDANEWS.COM, Binjai – Kegiatan Sosialisasi Pengawasan Bagi Pers, Media dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) se Kota Binjai dihadiri oleh Koordiv. Humas Hubal dan Datin Bawaslu Provinsi Sumatera Utara. Kegiatan Sosialisasi tersebut dilaksankan di Gedung Adella yang beralamat di Jalan MT Haryono Kelurahan Jati Karya Kecamatan Binjai Utara Kota Binjai, Selasa (25/08/2020).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Ketua Bawaslu Kota Binjai, Arie Nurwanto, SH MH. Dalam Pembukaannya Ketua Bawaslu menyampaikan banyak terima kasih kepada kawan-kawan media yang telah meluangkan waktunya untuk mengikuti acara sosialisasi ini.

“Pertama saya ucapkan banyak terima kasih kepada rekan-rekan media yang telah bersedia mengikuti kegiatan sosialisasi yang telah kami buat,” kata Arie Nurwanto.

Ia juga menyampaikan peran penting kawan-kawan media dalam Pengawasan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Binjai Tahun 2020 ini.

“Peran kawan-kawan dalam mengawasi Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota ini sangat penting bagi Bawaslu Kota Binjai, tujuan dari Sosialisasi ini adalah mengajak kawan kawan media mengawasi setiap tahapan Pilkada secara langsung maupun melalui media cetak dan sebagainya,” ucap Arie.

Setelah Pembukaan yang dilakukan oleh Ketua Bawaslu Kota Binjai, Koordiv Humas Hubal dan Datin ditunjuk sebagai Narasumber menyampaikan Paparannya yang berjudul “Sosialisasi Pengawasan Pemilihan 2020”.

Dalam Pemaparannya beliau menyampaikan sejarah terbentuknya Bawaslu, Kewenangan, Tugas dan Fungsi Bawaslu serta hal hal yang harus diawasi oleh Pengawas Pemilu.

Kemudian Marwan SAg selaku Kordiv. Humas Hubal dan Datin Bawaslu Provinsi juga menyampaikan Pilkada kali ini dilakukan dengan hal yang berbeda dari biasanya, karena pada kali ini dilakukan Pada masa Pandemi.

“Kita harus apresiasi buat penyelenggara Pemilu kali ini, karena Pemilihan kali ini diselenggarakan dengan cara yang berbeda dari sebelumnya, kali ini diselenggarakan dengan era Normal Baru atau New Normal yaitu diselenggarakan dengan ketentuan Protokol Covid,” ujar Marwan.

Kordiv. Humas Hubal dan Datin Provinsi Sumatera Utara didamping Ketua dan Anggota Bawaslu Kota Binjai pada saat memberikan materi kepada peserta Sosialisasi.

Beliau juga mengatakan, peran Humas di Bawaslu sangat penting untuk memajukan dan mengedepankan Informasi di Bawaslu.

“Peran Kehumasan sangat Penting di Bawaslu karena seluruh kegiatan Bawaslu di Publikasikan oleh divisi kehumasan. Humas Bawaslu terbentuk untuk memajukan dan mengedepankan informasi dan Publikasi seluruh kegiatan Bawaslu,” ujarnya.

Media juga sangat membantu Bawaslu dalam Pengawasan di Media Cetak maupun Media Elektronik, maka dari itu Kontribusi media sangat di tunggu oleh Bawaslu untuk mengawasi setiap tahapannya.

“Dalam masa pandemi sekarang ini, kontribusi media sangatlah penting untuk bawaslu dalam mengawasi setiap tahapan Pilkada sekarang ini, maka dari itu saya apresiasi kesediaan kawan-kawan dari media untuk mengikuti kegiatan sosialisasi ini,” ungkapnya.

Kegiatan Sosialisasi ini juga dihadiri oleh Koordinator Sekretariat Bawaslu Kota Binjai, Faisal Amri Mahramah Akademisi dari FISIP USU yang ditunjuk sebagai Narasumber, Rekan Rekan Pers, Media dan LSM se Kota Binjai.

Sosialisasi ini dilaksankan selama dua hari karena anjuran Covid dan Bawaslu Kota Binjai juga menerapak Protokol Covid yaitu mencuci tangan sebelum masuk, menggunakan masker dan menjaga jarak selama kegiatan. Berita Binjai, red