Nasdem Klaim Jokowi Tak Izinkan Adik Iparnya Maju di Pilkada Gunugkidul

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Jakarta – Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai NasDem, Ahmad Ali mengklaim Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak mengizinkan iparnya, Wahyu Purwanto diusung sebagai calon Bupati Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Dilansir dari CNNIndonesia.com, Ali menerangkan Jokowi sendiri sebelumnya pernah menyampaikan secara eksplisit kepada Ketua Umum NasDem Surya Paloh dan sejumlah pemimpin partai politik lainnya tak mengizinkan iparnya maju dalam Pilkada Gunungkidul.

“Saya pernah mendengar memang Pak Jokowi secara eksplisit tidak mengizinkan, mungkin disampaikan bukan hanya kepada ketua NasDem tapi kepada partai lain,” kata Ali, Selasa (28/7).

Namun, Ali mengaku tidak tahu apakah Jokowi akhirnya meminta langsung kepada Ketua Umum Partai NasDem agar tidak mengusung Wahyu sebagai calon Bupati Gunungkidul secara langsung, sebagaimana pengakuan Wahyu yang terungkap di sejumlah media.

Ali mengatakan hanya mengetahui bahwa Jokowi tak setuju Wahyu diusung sebagai calon Bupati Gunungkidul.

“Saya tidak tahu bagaimana persis kronologi cerita itu [Jokowi meminta Surya]. Pak Jokowi ketemu Pak Surya saya tidak tahu,” katanya.

Ali mengatakan NasDem memang tidak akan mengusung Wahyu di Pilkada Gunungkidul 2020. Ia mengungkapkan sejauh ini pun DPP NasDem belum membahas nama yang akan diusung di Pilkada Gunungkidul 2020.

“Memang NasDem tidak mencalonkan [Wahyu]. Sampai hari ini belum masuk pembahasan Bappilu [NasDem],” katanya.

Sebelumnya, Wahyu sudah dikabarkan mundur dari pencalonan bakal calon Bupati Gunungkidul sejak Januari 2020. Kabar mundurnya Wahyu dikonfirmasi Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai NasDem Gunungkidul, Suparjo.

Suparjo mengatakan partainya tak masalah dengan kabar pengunduran diri kerabat Jokowi tersebut. DPD NasDem juga belum menyampaikan rekomendasi kepada pimpinan pusat.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah partai NasDem DIY, Subardi menjelaskan belum ada pengunduran diri secara formal dari Wahyu yang juga menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan NasDem DIY tersebut.

“Masih sebatas isu bahwa oleh keluarga, khususnya Ibunya Pak Jokowi diimbau tidak ikut Pilkada untuk fokus urusan keluarga,” jelas Subardi.

Sumber : CNNIndonesia.com

- Advertisement -

Berita Terkini