Bulan Bung Karno Tahun 2020, PDIP Lakukan Kegiatan Secara Daring

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Jakarta – Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi DPP PDIP Djarot Syaiful Hidayat bersama Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto membeberkan peringatan Bulan Bung Karno telah dilakukan sejak tahun 2010, dan akan berlangsung terus guna melanjutkan ide, gagasan, pemikiran, cita-cita, dan perjuangan Bung Karno, Proklamator, dan Bapak Bangsa Indonesia. Juni menjadi bulan Bung Karno karena pada kelahiran Pancasila pada 1 Juni, 6 Juni 1901 Bung Karno lahir, dan pada 21 Juni 1970 Bung Karno berpulang.

“Seluruh kegiatan bulan Bung Karno tahun 2020 yang dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 ini akan dilakukan secara daring, melalui teleconference, webinar, dan utilisasi seluruh sosial media, dengan Tema Bung Karno Bapak Bangsa,” kata Hasto dalam pers rilis yang diterima mudanews.com, Rabu (27/5/2020) di Jakarta.

Hasto menjelaskan, tema ini mengangkat benang merah sejarah perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia yang di dalam setiap momentum penting, selalu hadir sosok Bung Karno. Dimulai dengan menjadi anggota aktif Trikoro Darmo, yang kemudian menjadi Jong Java; pendirian Perserikatan Nasional Indonesia yang kemudian berubah nama menjadi Partai Nasional Indonesia pada tanggal 4 Juli 1927; pembentukan Permufakatan Perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia, yang mencerminkan kuatnya semangat persatuan dan kesatuan para tokoh kemerdekaan sehingga di perhimpunan tersebut bergabunglah PNI, Partai Islam, Budi Utomo, Pasundan, Sarekat Sumatera, Perserikatan Selebes, kaum Betawi, dan lain-lain.

“Kepeloporan Bung Karno yang melahirkan seluruh konsepsi tentang dasar dan tujuan bernegara, pandangan hidup dan jiwa bangsa Indonesia yakni Pancasila yang jika diperas menjadi satu, adalah gotong royong. Puncaknya adalah pada Proklamasi 17 Agustus 1945 di mana Bung Karna sebelum membacakan teks Proklamasi dengan tegas menyatakan bahwa kemerdekaan Indonesia tersebut sebagai momentum bagi bangsa dan seluruh Tanah Air Indonesia untuk berani meletakkan nasib bangsa dan negara di tangan kita sendiri. Sebab hanya bangsa yang berani meletakkan nasib di tangan kita sendiri akan menjadi bangsa yang berdiri dengan kuatnya,” paparnya.

Hasto menyebutkan, peringatan Bulan Bung Karno di tengah Covid-19 ditujukan untuk menggelorakan semangat berdiri di alas kaki sendiri. Dari pandemi ini bangsa Indonesia diingatkan bagaimana setidaknya Indonesia harus berdikari sekurang-kurangnya di bidang pangan, kesehatan, energi, keuangan, pertahanan, dan keamanan.

Lanjut Hasto, kegiatan bulan Bung Karno di awali dengan Peringatan Hari Lahirnya Pancasila, 1 Juni 1945. Mengingat Hari Lahirnya Pancasila diperingati secara nasional, dan diliburkan, maka Partai menyatukan diri dengan Pemerintah, Sadan Pembinaan ldeologi Pancasila, dan seluruh masyarakat Indonesia. Terna peringatan hari lahirnya Pancasila adalah “Pancasila Dalam Tindakan, Gotong Royong Indonesia Maju”.

“Dengan tema ini, maka politik dalam perbuatan nyata untuk seluruh rakyat, bangsa dan negara Indonesia menjadi ciri dan tolok ukur utama tanggung jawab setiap partai politik di tengah pandemi Covid-19 ini. Adapun Tema Bulan Bung Karno Bapak Bangsa Spirit Pancasila: Gotong Royong Hadapi Covid-19,” jelasnya.

Peringatan Bulan Bung Karno ini, sambungnya, PDI Perjuangan membuka ruang inovasi dan kreativitas yang seluas-luasnya bagi para Pemuda Indonesia guna mengekspresikan seluruh ide, gagasan, pemikiran, cita-cita dan perjuangan Bung Karna tersebut dengan menjawab berbagai tantangan dan persoalan bangsa agar dengan penuh keyakinan menempuh jalan kemajuan di seluruh aspek kehidupan.

“Kegiatan selama Bulan Bung Karno mencakup lomba pidato, lomba cipta lagu, lomba pembuatan video, Gelar Museum Bung Karna secara virtual, bakti social, dan juga berbagai bentuk kegiatan kebudayaan. Kegiatan sejenis juga dilakukan seluruh pengurus dan kader partai di daerah dengan mengedepankan muatan lokal,” kata Hasto. Berita Medan, red

Artikulli paraprak
Artikulli tjetër
- Advertisement -

Berita Terkini