Hanafi Rais Mundur dari PAN, Kubu Amien Rais Bersiap Dirikan Partai Baru

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Jakarta – Politikus PAN loyalis Amien Rais, Muhammad Asri Anas menuturkan, pihaknya masih terus mengkonsolidasikan kekuatan untuk membentuk partai baru. Wacana itu sebelumnya muncul karena kecewa dengan hasil Kongres V PAN.

Asri Anas mengatakan, pihaknya terus berdiskusi tentang pembentukan partai baru ini. Rencananya, setelah lebaran diharapkan dapat melakukan deklarasi.

“Kalau rencana kita untuk partai itu jalan terus, kita berharap sesudah lebaran bisa deklarasi,” kata Asri Anas saat dihubungi, Selasa (5/5).

Asri Anas juga bicara terkait pengunduran diri putra Amien Rais, Hanafi Rais dari pengurus dan anggota DPR dari PAN. Menurut Anas, kondisi PAN yang dirasakan Hanafi tidak jauh berbeda dengan kader PAN yang kecewa dengan arah PAN yang mendekati kekuasaan.

Banyak Kader PAN Bakal Mundur

Dia bahkan mengkritik sikap PAN di bawah Zulkifli Hasan yang seolah berupaya mendekati pemerintah. Misalnya, dengan mendukung agenda Presiden Joko Widodo.

“Masa partai ini tidak dukung pak Jokowi cawe-cawe menghibah-hibah seperti minta pak Jokowi untuk masuk koalisi,” kata Anas.

Menurut Anas akan ada gelombang pengunduran diri kader yang kecewa. Tidak hanya Hanafi Rais hari ini. Anas sendiri menyatakan mundur sebagai Ketua DPW Sulbar terhitung hari ini.

“Mudah-mudahan setelah lebaran kader banyak mengundurkan diri,” kata dia.

Partai Baru Habis Lebaran

Terkait wacana pembentukan partai baru ini, masih banyak yang perlu dipersiapkan. Misal perdebatan dari nama. Sebelumnya diusulkan PAN Reformasi. Namun, ada yang berpendapat tak ingin mengambil ceruk dari PAN.

Anas mengaku sudah komunikasi dengan Hanafi Rais sejak awal mengenai pembentukan partai baru. Namun, Hanafi ketika itu masih perlu berpikir matang-matang. Kepada Amien Rais, Anas juga meminta Amien membujuk putranya.

Namun, dengan pengunduran diri Hanafi tersebut. Anas berharap Hanafi bisa bergabung untuk membentuk partai baru. Dia masih belum bisa menjawab apakah Hanafi dapat diplot sebagai calon ketua umum.

“Kalau saya berharap Hanafi bergabung,” pungkasnya.

Sumber : merdeka.com

- Advertisement -

Berita Terkini