Pilkada Serentak 2020 Sebaiknya Ditunda, Anggaran untuk Penanganan Corona

Pilkada Serentak 2020 Sebaiknya Ditunda, Anggaran untuk Penanganan Corona
Ketua DPD Pemuda Lira Kota Medan, Borbor Dalimunthe.

MUDANEW.COM, Medan – Ketua DPD Pemuda Lira Kota Medan, Borbor Dalimunthe menyarankan untuk menunda pesta demokrasi Pilkada Serentak 2020 dikarenakan ada hal yang lebih penting yakni penanganan virus corona.

Dijelaskannya, UU menyatakan pemerintah tanggung jawab dalam melindungi rakyatnya. “Tapi coba kita lihat di Sumatera Utara, alat deteksi corona tidak punya, bagaimana ingin mengendalikan corona,” ungkapnya di Medan, Rabu (18/3/2020).

Oleh karena itu, lebih baik anggaran Pilkada Serentak yang banyak itu dialihkan ke penanganan corona. “Agar rakyat yakin pemerintah betul-betul tanggung jawab atas perlindungan kepada rakyat,” tegasnya.

Dia juga yakin rakyat lebih membutuhkan penanganan corona ketimbang pilkada, dalam kontestasi Pilkada rakyat tidak perlu was-was tapi terkait corona ini semua lapisan masyarakat sudah was-was.

“Kalau pemerintah tidak gerak cepat, bisa berakhir chaos. Dimana rakyat akan memikirkan diri masing-masing, akan terjadi panic buying dimana-mana. Kenapa begitu, itu semua karena pemerintah dinilai tidak bisa melindungi masyarakatnya,” imbuhnya.

Di Sumut saja anggaran yang dikatakan pak Gubernur 18 Milyar. Apa cukup itu untuk wabah pandemi global yang sudah ditetapkan WHO. Ditambah lagi, sambungnya, pemerintah pusat tidak mengambil opsi lockdown.

“Mengajak semua elemen masyarakat untuk mendukung tunda pilkada untuk penanganan corona, ayo sama-sama kita dorong pemerintah untuk melakukan yang terbaik untuk rakyat,” seru Borbor. Berita Medan, red