Sinopsis Buku Romantika di HMI karya Ibnu Arsib

Sinopsis Buku Romantika di HMI karya Ibnu Arsib
Sampul Buku Romantika di HMI

MUDANEWS.COM – Sepanjang perjalanan HMI, ada cukup banyak tulisan tentang HMI yang sudah diproduksi sejak organisasi ini berdiri pada tahun 1947. Hampir semua sisi HMI sudah pernah dibahas dalam tulisan, manjadi bahan diskursus dan kajian. Dan aktivis-aktivis HMI sudah melahirkan begitu banyak buku yang membahas tentang ideologi, pemikiran dan pergulatan politik nasional hingga pergulatan HMI.

Tapi dari begitu banyak buku tersebut, sangat sedikit yang memotret HMI dari dunia sastra, yang merekam kehidupan dan pergulatan Kader-kader HMI bukan hanya dari sisi aktivismenya, tapi potret mereka sebagai manusia seutuhnya dengan segala romantikanya.

Dunia HMI bukan hanya berisi diskursus, kajian, demonstrasi dan aksi, tapi juga berisi manusia-manusia muda dengan segala problematikanya. Dari mulai pergulatan spiritual, ideologis, cinta dan relasi personal, kos-kosan dan segala masalahnya, itu semua menjadi bagian yang tak terpisahkan dari dunia HMI. Dan selama ini sangat sedikit yang menuliskan tentang itu, entah kenapa sebabnya, apa karena dianggap kurang intelektual?

Oleh sebab itu, Ibnu Arsib secara cerdik melihat kekosongan itu, mungkin juga kegelisahannya sebagai aktivis HMI, anak kos, mahasiswa yang selalu dilingkupi oleh kegelisahan ide, dinamika, kelok-kelokan perasaan bahkan kegelisahan soal uang kos dan hutang di warung dan juga kantin kampus. Potret kehidupan keseharian itu lah yang coba dipotret Ibnu Arsib dalam kumpulan cerpennya kali ini.

Selamat membaca dan semoga bermanfaat…!!!