DPD PDIP Sumut, Siap Melaksanakan Instruksi DPP PDIP Mengurangi Penggunaan Plastik
Surat Instruksi DPP PDIP

MUDANEWS.COM, Medan – Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPP PDI Perjuangan) menginstruksikan kepada DPD PDI Perjuangan DPC PDI Perjuangan, Anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kab./Kota Fraksi PDI Perjuangan dan Kepala Daerah atau Wakil Kepala Daerah Seluruh Indonesia mengurangi penggunaan plastik dalam  kehidupan sehari-hari.

“Penggunaan plastik menjadi penggunaan sehari-hari kehidupan manusia, bahannya yang ringan dan penggunaannya yang praktis membuat pemakaian plastik semakin meningkatnya setiap harinya. Meningkatkan penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari, mengakibatkan meningkatnya jumlah limbah plastik domestik yang sangat mengganggu ekosistem lingkungan dan kesehatam tubuh,” tegas Ketua DPP PDIP I Made Urip.

Untuk itu, jelas I Made Urip, limbah plastik sulit dan/atau lama terurai serta mengandung bahan kimia yang beracun sehingga dapat mengakibatkan kesuburan tanah menjadi menurun, meracuni makhluk hidup, memperburuk kualitas air. Sementara air yang tercemar lalu digunakan untuk aktifitas sehari-hari, dapat mempengaruhi kesehatan tubuh manusia.

“Limbah Plastik menjadi salah satu penyebab terbesar kerusakan lingkungan dan Indonesia adalah penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia. Mendasar hal tersebut dan kepedulian PDI Perjuangan yang terbesar terhadap lingkungan hidup maka bersama ini mengintruksikan kepada anggota dan kader Partai yang ada di Struktur, Eksekutif dan Legislatif untuk lebih peduli terhadap lingkungan,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, meminimalisir penggunaan plastik (boto plastik, kantong plastik, styrofoam, sedotan, dll) dan menggunakan barang-barang hasil industri yang ramah lingkungan.

“Mendorong pelestarian lingkungan dengan menanam dan merawat pohon di sekitar lingkungan, rehabilitas lahan, membuat daerah resapan air, melakukan rotasi tanaman, pembuatan taman kota ynag berfungsi untuk membersihkan udara dalam kota sehingga membuat suasana nyaman dan asri dll,” tegas I Made Urip.

Menindaklanjuti hal tersebut, Sekretaris DPD PDIP Sumut Sutarto mengatakan tentunya DPD Sumut akan mendorong kader-kader Partai yang duduk sebagai Eksekutif dan di Legislatif untuk menindaklanjuti dengan bentuk dan mengeluarkan Regulasi berupa Perda.

“Akan mendorong secara proaktif seluruh jajaran Partai dari tingkat PAC, Ranting dan Anak Ranting se Sumut, untuk meminimalisir penggunaan bahan 2 plastik dan mendorong penghijauan di lingkungan masing-masing bersama masyarakat,” tegas Sutarto. Berita Medan, red