HIMAKMUR, Optimis Pergerakan Usai TDO
Peserta TDO dan pemateri

MUDANEWS.COM, Aceh Utara – Segenap Mahasiswa/i Kutamakmur yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Kutamakmur (HIMAKMUR) menggelar kegiatan Training Dasar Organisasi (TDO), di Aula Kantor Camat Kutamakmur, Aceh Utara, Sabtu (2/11/2019).

Latar belakang diselenggarakannya kegiatan TDO ini, atas pertimbangan aktivitas mahasiswa yang acap kali melaksanakan aksi, baik aksi kemanusiaan maupun aksi di jalanan.

Untuk itu, pengurus HIMAKMUR periode 2019-2021, merasa penting untuk mengadakan TDO sebagai bekal yang dijadikan basic dasar berorganisasi bagi para mahasiswa/i Kutamakmur yang bergabung di HIMAKMUR dengan harapan bagi mereka yang mengikuti kegiatan TDO ini selain dapat memilih jalan baik yang akan dilalui, juga untuk memantapkan pengetahuannya tentang cara beroganisasi.

Sekilas gambaran latar belakang diadakannya kegiatan TDO tersebut disampaikan Manzahari selaku Ketua Umum HIMAKMUR periode 2019-2021.

“Kita ketahui bagaimana pergerakan mahasiswa, namun bagaimana cara pergerakan itu berdasar dan punya isi, itulah penting kita laksanakan kegiatan dan diskusi seperti ini,” kata Manzahari.

HIMAKMUR, Optimis Pergerakan Usai TDO
Suasana TDO

Sementara Ketua panitia, M Fahri, dalam laporannya menyampaikan, bahwa dana untuk kegiatan ini sumber anggarannya dari peserta untuk peserta. Selain itu, juga hasil sumbangan dari para tokoh dermawan.

“Sumber anggarannya dari peserta TDO sendiri yang jumlahnya sebanyak 60 orang, dan sumbangan dari tokoh-tokoh dermawan di Kecamatan Kutamakmur,” jelas Fahri.

Pantauan di lokasi, kegiatan TDO dengan mengangkat tema “Membangun Karakter Kepemimpinan yang Kreatif, Kritis, Intelektual dan Kompetensi” tersebut dibuka langsung oleh Ketua Umum HIMAKMUR, Manzahari.

Dalam sambutannya Manzahari berharap kepada seluruh peserta TDO untuk dapat mengikuti training ini sampai selesai.

Pada kegiatan TDO ini, diikuti oleh 60 peserta dan dihadiri oleh 3 pemateri dari tokoh – tokoh Kutamakmur, antara lain Akademisi (Zanzibar S.Sos.I, M.Sos), Praktik Hukum (Mahadir SH), dan Tgk. Arafat Ali selaku tokoh politik sekaligus Ketua DPRK Aceh Utara periode 2019 – 2024.

Mereka masing-masing memberikan pandangannya, sesuai dengan pengalaman dan realitas mahasiswa saat ini. Seperti pada pemateri pertama, Mahadir SH, menyampaikan materi tentang pergerakan dan Hukum.

Selanjutnya pemateri kedua, Tgk Arafat Ali, menyampaikan tentang sejarah dan tokoh-tokoh kutamakmur. Sedangakan Zanzibar S.Sos.I, M.Sos menyampaikan tentang KMO (kepemimpinan manajemen oraganisasi).

Dalam kegiatan tersebut, juga dilakukan penyerahan piagam oleh ketua umum HIMAKMUR, Manzahari, kepada pemateri. Berita Aceh Utara, Arwan