Komisioner KPK Terpilih, Disayangkan Gestur Pinta Uli Siregar
Taufik Umar Dani Harahap

MUDANEWS.COM, Medan – Sikap calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Pinta Uli Siregar yang terlihat berakrab ria dengan sejumlah pejabat di Sumatera Utara, beberapa hari lalu, disayangkan beberapa kalangan.

Menyikapi hal tersebut, Taufik Umar Dani Harahap, SH Sekretaris Umum Badko HMI Sumut periode 1997-1999, menyayangkan adanya foto-foto calon Pimpinan KPK yang bakal dilantik Desember 2019 mendatang bersama para pejabat pemerintahan di Sumut.

Menurut Taufik Umar Dhani meskipun acara syukuran seperti yang dilakukan Pinta Uli di kediamannya adalah guna silaturrahmi, mensyukuri amanah yang diberikan kepadanya sebagai salahsatu pimpinan KPK.

“Namun kondisi tersebut jangan sampai menimbulkan polemik, Dan menjadi pembicaraan masyarakat di Sumut tentang dikhawatirkan bergesernya independensi KPK dimasa depan.
Apalagi saat ini masih banyak kasus-kasus dugaan korupsi di Sumatera Utara yang belum jelas penanganannya oleh aparat hukum di Sumut, seperti dugaan penyelewengan BOS 2015, Skandal GDSM-Gate, Skandal PPDB bergaya Online zonaku dan kasus-kasus lain seperti masalah penguasaan lahan hutan yang merusak lingkungan di Sumut. Dan berbagai kasus hukum lainnya, yang butuh penanganan serius dari para aparat penegak hukum seperti kepolisian, kejaksaan, dan khususnya KPK sendiri sebagai Extraordinary Crime,” tegas Taufik, Selasa (8/10/2019).

Lebih lanjut Taufik yang juga adalah pendiri Agresu itu menyebutkan bahwa setahunya haruslah pimpinan KPK itu harus menjunjung tinggi independensinya dalam gesturnya.

“Gestur Pinta Uli Siregar, seperti menunjukkan kedekatan dengan siapapun dihadapan publik, sehingga menimbulkan praduga,” ujar Taufik Umar Dhani.

Dan yang paling fantastis, pejabat terkait di lingkungan Pemko Medan, menurut Taufik, melakukan sulap spektakuler, hanya dalam waktu sekejap jalan sepanjang kurang lebih 1 Km, hingga persis di depan rumah keluarga Lily (No. 18AA) diaspal mulus. Mulai dari simpang Jalan Sisingamangaraja.

“Saat acara tasyakuran (6/10/2019), terlihat aspal seperti baru disiram. Warna hitamnya masih pekat. Lebih tebal dari lapisan badan lain yang ada disekitarnya,” tandas Taufik Umar Dani Harahap.

Sebagaimana diketahui, Pimpinan KPK terpilih periode 2019-2024 Lili Pintauli Siregar mengundang kepala daerah dan sejumlah pejabat serta elemen masyarakat dalam acara syukuran di kediamannya di Medan, Jalan Garu VI, Kecamatan Medan Amplas, Minggu 6 Oktober 2019.

Hadir dalam acara diantaranya Walikota Medan Dzulmi Eldin, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah plus istri, Wakapolda Sumut Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, Mantan Kabareskrim Mabes Polri Komjen Pol Susno Duadji, unsur Forkopimda Kota Medan, tokoh pemuda dan alim ulama. Berita Medan, red