Pengurus Besar IKA UMA Periode 2019-2023 Laksanakan Raker
M Husni SE, H Suwandi Siregar SE didampingi Sekretaris Jendral Muhammad Aswin MAP dan pengurus PB IKA UMA foto bersama di Rapat Kerja

MUDANEWS.COM, Medan – Setelah pengukuhan Pengurus Besar Ikatan Alumni Universitas Medan Area (PB IKA UMA) tanggal 31 Agustus 2019 yang lalu. Sabtu (14/9/2019) lalu di Cabe Hijau Room, Medan, PB IKA melaksanakan Rapat Kerja (Raker).

Raker yang dikuti Pengurus Besar IKA menyepakati beberapa hal penting yang harus di wujudkan untuk 4 tahun kedepan, berupa program jangka pendek dan panjang, diantaranya menata dan mengkonsolidasikan kepengurusan UMA dan alumni yang tersebar di seluruh nusantara.

Dalam pembangunan PB akan memerankan dirinya dalam sosial, jasa dan konsultasi dengan menjalin kerjasama dengan instansi swasta dan pemerintah. Selain itu, waktu tidak lama akan melaksanakan penghijauan (manggrove) donor darah dan membentuk relawan- relawan yang mendukung program pembangunan publik.

Raker yang dibuka oleh salah satu Pembina PB IKA M Husni SE yang saat ini sebagai Kadis Pertamanan kota Medan, dalam sambutannya mendukung program-program kerja PB IKA UMA.

Menurutnya, keberadaan PB menjadi sebuah harapan untuk memfasilitasi seluruh alumni yang sudah tersebar di seluruh Indonesia, dapat dilihat saat ini UMA memiliki banyak alumni yang berhasil ada walikota, wakil bupati, sekda, kadis-kadis, legislator, dosen dan bekerja di berbagai profesi.

“Agar lebih mandiri PB IKA diharapkan mampu memfasilitasi fungsi-fungsi sosial, melahirkan badan usaha dengan menjalin kerjasama dengan badan usaha yang sudah ada. PB IKA juga harus dapat memfasilitasi hubungan kampus dengan alumni, seraya memberi contoh banyaknya ahli-ahli ilmu pengetahuan di kampus ada ahli pertanian/ biologi, ekonom, politik, psikolog, lawyer, arsitektur dll memfasilitasi ahli-ahli untuk terlibat dalam kebijakan-kebijakan pembangunan baik daerah maupun nasional, seperti melibatkannya dalam forum-forum FGD, Seminar, Semiloka diskusi Publik dll, seraya mencontohkan instansi dinas pertamanan kota medan yang ia pimpin dalam merumuskan kebijakannya selalu menghadirkan para ahli untuk menata kota Medan taman- taman dan lingkungan hidup,” jelasnya.

Pengurus Besar IKA UMA Periode 2019-2023 Laksanakan Raker
Kadis Pertamanan kota Medan M Husni SE memberikan kata sambutan

Untuk itu, sambung Husni, sudah saatnya PB IKA UMA harus mengkombinasikan perannya sebagai fungsi jasa, konsultasi dan sosial.

“Organisasi yang didalamnya para alumni bukan lagi golongan berusia muda tapi sudah menanjak usia setengah baya, maka mengelola PB ini juga berdasar silaturahmi, happy, sesekali ngopi sambil nyanyi-nyanyi, kitapun sehat bertambah rezeki,” cetusnya.

Selanjutnya, Husni menyampaikan dengan kemampuan para alumni dan kerjasama dengan semua pihak, IKA UMA pasti mampu sejajar dengan alumni-alumni universitas ternama. “Apalagi saat ini perkembangan teknologi informasi tidak mengenal batas, mau tak mau harus dilalui dan adanya kesamaan pemanfaatan IT di berbagai bidang,” pungkasnya.

Pengurus Besar IKA UMA Periode 2019-2023 Laksanakan Raker
Suasana Raker PB IKA UMA

Sementara Ketua Umum H Suwandi Siregar SE didampingi Sekretaris Jendral Muhammad Aswin MAP, berharap dengan pemikiran-pemikiran para pengurus yang lahir dari Raker ini mampu menjawab harapan-harapan para alumni, almamater masyarakat, bangsa dan negara.

“Dalam waktu dekat akan melakukan action dalam momen-momen penting dan terjadwal dan apa yang diamahkan pada pengurus hari ini lebih-lebih terjaminnya kerjasama semua pihak akan dapat direalisasikan. Berita Medan, red