Pelatihan FIM, Kolaborasi Pemuda Membangun Sumatera Utara

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Serdang Bedagai – Pemimpin bukanlah mereka yang berada di puncak struktur suatu organisasi. Pemimpin adalah mereka yang paling banyak berkontribusi dan memaksimalkan perannya di segala kondisi dan posisi.

Hal itu dijelaskan oleh Surya Darma, Koordinator Forum Indonesia Muda Regional Sumatera Utara.

Surya menambahkan, Forum Indonesia Muda Regional Sumatera Utara (FIM Sumut) menyelenggarakan Generasi Cakrawala Pelatihan Wilayah (Genwil) 2019. Sebuah pelatihan kepemimpinan dan pembentukan karakter bagi para pemudadi Sumatera Utara yang diadakan di 3 wilayah dengan 9 kabupaten/kota terpilih yaitu, Labuhanbatu Utara (Labuhanbatu-Labusel-Labura), Tanjungbalai (Asahan-Batubara-Tanjungbalai), dan Deli Serdang (Tebing Tinggi- Deli Serdang-Serdang Bedagai).

Lanjutnya, kegiatan yang mengusung tema “Kolaborasi Pemuda, Energi Sumatera Utara” inidilaksanakan sejak 11 Juli s/d 4 Agustus 2019 dengan tujuan untuk merangkul, mendorong, dan menggerakkan pemuda-pemudi daerah untuk aktif berkontribusi bagi pembangunan daerah, memberikan solusi atas masalah-masalah yang ada di daerah, serta sebagai wadah kolaborasi FIM Sumut untuk berjejaring membangun simpul-simpul kebermanfaatan dengan para pemuda yang ada di Sumatera Utara.

Habibie Satrio Nugroho selaku Ketua Panitia Genwil 2019 mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wadah kolaborasi para pemuda Sumatera Utara untuk bersama-sama membangun daerahnya melalui energi milenial muda.

“Latar belakang diadakannya kegiatan ini adalah untuk menyebarkan pesan-pesan kebaikan kepada para pemuda milenial Sumatera Utara, serta ajang kolaborasi antara pemuda yang ada di kota dan di daerah untuk sama-sama membangun Provinsi Sumatera Utara ini. Tujuan akhirnya adalah membangun Sumatera Utara melalui pemudanya, dan membangun Indonesia melalui Sumatera Utara,” kata Habibie bersemangat, Senin (5/8/2019).

Pelatihan yang diadakan selama 3 hari 2 malam di masing-masing wilayah ini, terdiri dari berbagai rangkaian acara sepertiWorkshop, Forum Group Discussion (FGD), Talkshow, Penampilan Kreativitas Panggung Cakrawala, dan diakhiri dengan Jelajah Cakrawala di masing-masing wilayah. Pada setiap acara diselipkan berbagai materi kepemudaan, kepemimpinan, lingkungan, filantropi, community driver, dan semangat membangun Indonesia dari desa.

Krisna Tama, pemuda asal Kabupaten Serdang Bedagai yang merupakan salah satu peserta Genwil 2019 mengaku bahwa ia dapat belajar banyak hal melalui kegiatan ini.

“Ini merupakan salah satu pengalaman yang paling berharga dalam hidup Krisna. Bertemu dan bisa berinteraksi dengan kakak-kakak yang hebat, yang mempunyai semangat dan tujuan yang sama. Krisna merasa sangat beruntung bisa ketemu dengan pemateri-pemateri keren, bisa mendengar langsung pengalaman mereka, materi yang disampaikan pun beragam mulai dari pendidikan sampai lingkungan. Intinya Genwil ini kece, di sini Krisna bisa merasakan bagaimana pelatihan kepemimpinan yang sesungguhnya. Krisna paling suka kegiatan jelajah cakrawala, memecahkan teka-teki selama perjalanan dan dari situ, Krisna jadi merasakan arti berjuang bersama,” kenangnya.

Ia pun berharap semoga ke depannya kegiatan ini bisa membawa dampak positif bagi banyak pihak, khususnya bagi kemajuan Sumatera Utara. “Semoga kegiatan ini dapat membawa dampak positif bagi siapa saja yang terlibat di dalamnya dan semoga kolaborasi ini dapat menghasilkan kemajuan bagi Sumatera Utara ke depannya,” tambahnya.

Acara ini dipersiapkan selama ± 2 bulan dan diikuti oleh sekitar 150 orang peserta terpilih, yang telah melewati berbagai rangkaian seleksi sebelumnya. Ke depannya Koordinator FIM Sumut, Surya Darma, berharap FIM Sumut dapat menjadi wadah berbagi virus kebaikan untuk para pemuda di Sumatera Utara.

“Saya berharap melalui kegiatan ini, FIM Sumut dapat menjadi rumah untuk para pemuda Sumatera Utara yang ingin berbagi ide, membicarakan solusi, dan membumikan semangat serta ilmu yang dimiliki dalam bentuk aksi nyata yang menghasilkan manfaat dan kebaikan di tengah masyarakat,” harap Surya. Berita Serdang Bedagai, Hilda

- Advertisement -

Berita Terkini