Program Inovasi Desa, Lombok Perlu Perbup Untuk Menjamin Keberlanjutan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Lombok – Kepala Bappeda Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Dr H Baehaqi M.Pd MM saat memberi pengarahan pada pelaksanaan Bursa Inovasi Desa (BID) di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat Tahun 2019 menyampaikan, bahwa kegiatan BID sangat penting bagi proses pembangunan desa. Karena BID merupakan forum bagi desa-desa untuk penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi pembangunan desa.

“Melalui forum BID, diharapkan desa dapat mengambil pelajaran dari desa lain terkait praktik terbaik pembangunan desa. Selanjutnya desa tersebut melakukan Analisis, Tiru dan Modifikasi (ATM) sebelum direplikasi di desanya,” ujar Baehaqi.

“Kegiatan Bursa Inovasi Desa ini perlu terus diupayakan keberlanjutannya dalam proses pelaksanaan pembangunan desa di daerah kita ini. Model pembangunan seperti ini sangat efekif bagi desa,” yakin Kepala Bappeda di hadapan peserta dan undangan yang hadir.

Dengan demikian, lanjut Kepala Bappeda, “walau Program Inovasi Desa (PID) akan berakhir tahun ini, tapi di Lombok Barat tidak. Warisan PID seperti menggelar bursa dan lainnya, ke depan tetap ada nantinya”.

“Sebagai bentuk komitmen daerah kami mewarisi PID, maka Dinas PMD Kabupaten Lombok Barat harus segera menyusun PERBUP (Peraturan Bupati) yang menjamin keberlanjutan kegiatan-kegiatan PID. Selaku kepala Bappeda, kami menantang agar Dinas PMD segera mengusulkan anggaran untuk kebutuhan penyusunan PERBUP keberlanjutan PID,” ucap Baehaqi.

Pelaksanaan BID di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat, hari Kamis (18/7/2019) dihadiri oleh Nursaid Mustafa (Kasubdit PKMD Kemendesa RI), Dr H Baehaqi M.Pd MM, (Kepala Bapeda Lombok Barat), Rusdin M Nur (Program Leader KN-PID), Yos D Billy (Deputi Monev Sekpro), dan Ikhwan Maulana (Representasi WB).

Kemudian, Dinas PMD Kabupaten Lombok Barat, Camat Lingsar, seluruh Kepala Desa dan BPD Se Kecamatan Lingsar, TAPM Lombok Barat, PD dan PLD di Lingsar juga hadir di arena bursa. Kegiatan BID dipusarkan di aula Kantor Camat Lingsar Kabupaten Lombok Barat. (rilis)

- Advertisement -

Berita Terkini