Korupsi Bank Sumut: Pemuda LIRA Medan Sampaikan Tuntutan ke Kejatisu

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Laporan: Imam

MUDANews.com, Medan (Sumut) – Pasca berorasi di depan Kantor Pusat Bank Sumut Jalan H. Zainul Arifin Medan, Kamis (9/3). Pemuda Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Kota Medan melanjutkan aksinya di Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu), Jalan A.H Nasution.

Demonstran tiba di Gedung Kejatisu sekira jam 13.00 WIB. Berbeda dengan aksi di Bank Sumut, kali ini mereka hanya meminta pihak Kejatisu menerima tuntutan tertulis yang telah mereka persiapkan. Meski begitu, Kepala Divisi Penegakan Hukum Kejatisu, Sumangger Siagian bersedia menemui langsung para demonstran.

Di hadapan massa Pemuda LIRA Kota Medan, Siagian menegaskan bahwa pihaknya saat ini tengah menyidangkan mantan Kepala Divisi Umum Bank Sumut, Irwan Pulungan terkait kasus korupsi pengadaan mobil operasional. Bersama Irwan Pulungan, turut diadili tiga pejabat Bank Sumut lainnya.

“Masalah Bank Sumut ini merupakan masalah yang kompleks. Jika memang adik-adik Pemuda LIRA menemukan dokumen atau bukti-bukti yang cukup, mari sama-sama kita menindak korupsi di NKRI,” ujarnya.

Tak lama setelah itu, Koordinator Aksi Pemuda LIRA Kota Medan Rudi Rahmansyah menyerahkan berkas tuntutan untuk ditindaklanjuti pihak kejaksaan. Adapun tuntutan yang mereka sampaikan antara lain adalah memeriksa dan mengadili Dirut Bank Sumut Edie Rizliyanto terkait dugaan tindak pidana korupsi yang berkembang di bank tersebut. Sehingga, Edie dapat segera dicopot dari jabatannya.

Selain itu, demonstran juga meminta Pemprov Sumut bertindak lebih cepat berdasarkan kondisi riil Bank Sumut saat ini, yang dinilai tidak mengalami perbaikan di bawah kepemimpinan Edie. Tindakan dimaksud adalah mencopot Edie dari jabatannya, tanpa harus menunggu pihak penegak hukum bertindak.

Demonstran juga meminta Edie bersikap jantan, dengan mengundurkan diri dari jabatannya. Sebab, citra Bank Sumut telah rusak di mata masyarakat. Padahal, bank tersebut sejatinya adalah kebanggaan masyarakat Sumut.[jo]

- Advertisement -

Berita Terkini