Mahasiswa KKN STIT AL-Washliyah Binjai Laksanakan Sosialisasi Pencegahan Narkoba dan HIV/AIDS Sejak Dini

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Langkat – Sebanyak 14 orang Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Washliyah Kota Binjai bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Langkat menyelenggarakan kegiatan sosialisasi pengenalan serta pencegahan narkotika dan HIV/AIDS di Desa Teluk, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Jumat 02 Agustus 2024.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Desa Teluk Riswanto dan dihadiri Ketua STIT Al-Washliyah Kota Binjai yaitu Dr H M Baihaqi, MA, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Muhammad Fery Prayoga MPd, Anita Khairunnisa ME.

Turut hadir juga M. Miftahul Huda SPd dan Bapak Bima Arianda SH dari Badan Narkotika Nasional (BNN) sekaligus pemateri pada kegiatan tersebut dan juga dihadiri oleh Siswa/I dan para Guru dari tingkat SD/SMP/ dan SMA se-Desa Teluk Kecamatan Secanggang.

Kepala Desa Teluk Riswanto menegaskan pentingnya kewaspadaan masyarakat terhadap narkoba dan penularan HIV/AIDS karena banyaknya korban yang telah terjerumus dalam kasus penyalahgunaan narkoba dan kasus positif HIV/AIDS.

“Penyalahgunaan narkoba adalah musuh besar yang harus kita hadapi mengingat penyebaran narkoba saat ini hampir tidak dapat dicegah, upaya untuk pemberantasan pun sudah sering dilakukan, namun masih sedikit kemungkinan menghindarkan narkoba dari kalangan remaja maupun dewasa,” jelasnya.

Riswanto menambahkan upaya yang paling efektif untuk mencegah penyalahgunaan narkoba yaitu pendidikan keluarga. Orang tua diharapkan dapat mengawasi dan mendidik anaknya untuk selalu menjauhi narkoba.

Selanjutnya, Ketua STIT Al-Washliyah Kota Binjai Dr H M Baihaqi MA juga turut menegaskan masyarakat dari kalangan muda diharapkan agar bangsa ini mampu bersaing di era global dengan tetap berakar pada budaya dan karakter bangsa.

“Namun masyarakat dikalangan peserta didik saat ini mendapatkan tantangan yang cukup berarti salah satunya adalah penyebaran HIV/AIDS dan penyalahgunaan narkoba. Maka dari pada itu kita sebagai orang tua, pendidik dan pemerintah bersama-sama dalam mendidik generasi muda kita agar jangan mencoba menggunakan narkoba dan menghindari Seks bebas agar terhindar dari penularan HIV/AIDS,” lanjutnya.

Lebih jauh dijelaskannya, karena keberhasilan suatu bangsa diawali oleh keberhasilan dalam membina generasi mudanya dan kehancuran suatu Bangsa diawali oleh kehancuran generasi mudanya. Banyak hal yang bisa menyebabkan kehancuran generasi muda, diantaranya berawal dari prilaku hidup yang tidak sehat dan tidak semestinya.

Sementara Ketua Panitia pelaksanaan Sosialisasi Pencegahan Narkoba dan HIV AIDS Nicky Andrean juga turut menegaskan pada sambutannya, munculnya kegiatan ini diakibatkan oleh keluh kesahnya kekhawatiran masyarakat di Desa Teluk tentang maraknya penyebaran narkoba yang ada di Desa Teluk Kecamatan Secanggang.

“Semoga dengan adanya sosialisasi pencegahan narkoba dan HIV AIDS ini masyarakat sadar akan bahaya nya narkoba bagi masa depan anak bangsa yang ada di Desa Teluk,” jelasnya. (red)

Berita Terkini