Pj Gubsu Lepas Mahasiswa KKN UINSU Medan Sebanyak 5.800 Peserta ke Kabupaten Langkat dan Batubara

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Mudanews.com, Medan – Pejabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara Dr. H. Agus Fathoni, MSi melepas 5.800 lebih peserta Mahasiswa yang menjalankan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) untuk Daerah Kabupaten Batubara dan Langkat.

Pj Gubsu berpesan, kepada para mahasiswa agar betul-betul menjadikan kegiatan KKN ini sebagai pelopor pembangunan masyarakat yang ada di desa, sekaligus memberikan pelatihan bagi masyarakat desa.

“KKN ini menempa diri dan ketrampilan kita selama di bangku kuliah tersampaikan ditengah masyarakat menjadi pribadi yang unggul,” ujar Pj Gubsu di hadapan ribuan mahasiswa KKN UINSU di Gelanggang Mahasiswa Kampus 1 Jalan Sutomo Medan, Rabu, (24/7/2024).

Lanjut Pj Gubsu berpesan, para mahasiswa terus dan tidak bosan menempa diri dengan ilmu pengetahuan dan memiliki akhlak yang baik, karena kunci sukses adalah orang terbaik yang memiliki kompetensi dan jadilah teladan bagi lainnya.

“Sehebat apapun kita jika tidak memiliki kecerdasan emosi tidak akan sukses,
kecerdasan spiritual yang membawa nilai agama dalam tata pergaulan dan hubungan vertikal kepada Allah SWT dan terakhir mereka yang memiliki kecerdasan moral, adab yang baik ditengah masyarakat sekaligus menjadi contoh bagi lainnya,” ungkap Dr Agus Fathoni.

Pj Gubsu menjelaskan, bahwa KKN ini merupakan media interaksi dengan masyarakat, untuk itu jaga nama baik almamater dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

“Jadilah teladan yang baik, jangan ikut menyebarkan berita hoax, apalagi di Sumatera Utara akan ada dua momentum nasional dalam tahun ini di Sumatera Utara yaitu PON ke 21 dan Pilkada serentak Gubernur, Bupati dan Walikota yang ada di Sumatera Utara, untuk itu jaga kondusifitas jauhi berita hoax yang hanya merusak persatuan kebangsaan kita,” pesan Pj Gubsu kepada seluruh mahasiswa peserta KKN.

Dr Nispul Khoiri, MAg dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan KKN ini merupakan penguatan dan implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi.

“KKN yang hari ini dilepas Pj Gubsu merupakan perwujudan dari Tri Darma Perguruan Tinggi dan UINSU siap melaksanakannya sekaligus sebagai agen penyebar informasi positif ditengah masyarakat tentang berbagai capaian pemerintah di berbagai sektor kehidupan sosial masyarakat, pencegahan stuntting dan penyuluhan bahaya penggunaan narkoba,” ujar Ketua LP2M UINSU ini.

Menurut mantan Wakil Rektor III UINSU ini, bahwa ada beberapa jenis KKN yang di kelola UIN SU diantaranya KKN internasional yang berlangsung di Malaysia, Thailand dan Samosir, KKN Moderasi Beragama di Kuningan Jawa Barat, KKN serumpun di Langsa dan KKN saat ini di ikuti 5.800 orang mahasiswa.

“Pola KKN saat ini kami buat dalam format apa yang menjadi kebutuhan pemerintah daerah, dengan memberikan kemampuan sesuai bidang keilmuan mahasiswa kepada masyarakat, agar terbangun peradaban di daerah, untuk lokasinya ada dua Kabupaten yaitu Batubara dan Langkat,” ujarnya.

Turut hadir beberapa pejabat Sumatera Utara menyertai Pj Gubsu diantaranya Kadis Pemuda dan Olahraga, Kadis Informasi dan Komunikasi, Kadis Pemerintahan Desa, Asisten Gubernur, staf ahli Gubernur.

Sementara itu Rektor UINSU Prof Dr Hj Nurhayati, MAg diwakili para Wakil Rektor diantaranya, WR II Dr H. Abror, MA, WR III Prof Dr H Katimin,MAg, WR IV Prof Dr H Muzakkir, MA, para Dekan dan Wakil Dekan III di lingkungan UINSU, Kepala Pusat Laboratorium, dosen dan pegawai UINSU lainnya.

Berita Terkini