Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SDN 2 Teras Sangat Humanis Terarah dan Menyenangkan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

 

Mudanews.com Boyolali– SD Negeri  2 TERAS merupakan salah satu sekolah jenjang SD berstatus Negeri yang berada di wilayah Kec. Teras, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. SD Negeri 2 Teras  didirikan pada tanggal 1 April 1985 dengan Nomor SK Pendirian 421.2/013/IV/32/1985 yang berada dalam naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam kegiatan pembelajaran, sekolah yang memiliki 154 siswa ini dibimbing oleh 8 guru yang profesional di bidangnya. Kepala Sekolah SD Negeri  2 Teras  saat ini adalah  Sri Wahyu Retno Wulandari  sejak 1 Januari 2024 yang sebelumnya dipimpin oleh Suratmin,S.Pd  yang sudah memasuki masa pensiun. Operator yang bertanggung jawab adalah Yeni Wulandari.

Dengan adanya keberadaan SD Negeri I 2 TERAS, diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam mencerdaskan anak bangsa di wilayah Kec. Teras, Kab. Boyolali, karena sekolah SDN 2 Tergolong sekolah favorit dan menjadi salah salah satu sekolah pilihan masyarakat desa Teras dan Sekitarnya ,selaim karena sering menggondol kejuraan tingkat Kabupaten  Sekolah ini telah terakreditasi A dengan Nomor SK Akreditasi 489/BAN-SM/ SK/2019 pada tanggal 27 Mei 2019.

Pagi ini Mudanews.com mengunjungi SD Negeri  2 Teras  tengah berlangsung kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah  ditremui salah satu guru senior Sirep,S.Pd.SD belaiau menjelaskan bahwa jumlah siswa tahun ini memenuhi target Siswa kelas 1 mendapatkan 30  sementara siswa pindahan dari sekolah lain ada 4 siswa jadi sampai hari ini jumlah  siswa ada 154

Lebih lanjut Sirep S,Pd bahwa bahwa Kegiatan awal siswa baru di SD Negeri 2 Teras dimulai hari Senin, 22 Juli 2024. Pembukaan dilakukan uhi oleh Pak Wisnuuky Sholeh Raharja S.Pd di halaman SD Negeri 2 Teras.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Ajaran 2024-2025 merupakan kegiatan pertama pada awal pelajaran yang bertujuan untuk memperkenalkan program, fasilitas, konsep pengenalan diri, cara belajar, dan pembinaan kedisiplinan budaya di SD Negeri 2 Teras.

Tujuan dilaksanakannya MPLS di SD Negeri 2 Teras memiliki fungsi sebagai kegiatan transisi dari PAUD/TK ke SD agar siswa benar-benar siap secara mental untuk menguikuti proses pembelajaran di lingkungan baru.

Kami juga melaksanakan MPLS sesuai Modul dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dilaksanakan kurang lebih selama 10 hari. Tentunya kegiatan yang dilakukan mengandung unsur edukatif, kreatif dan menyenangkan bagi siswa baru. Kata Sirep,SPd.SD

Lebih lanjut Sirep S.Pd.SD menjelaskan bhawa MPLS di SD Negeri Teras Menurut Modul MPLS Tahun Ajaran 2024-2025, SD Negeri 2 Teras memiliki kebabasan dalam melaksanakan sesuai dengan kondisi, situasi, dan karakter masing-masing SD.

Guru Kelas 1 Anafi Ika Andriyanti,S.Pd.SD yang ditemui  awak media menjelaskan bahwa  dalam pelaksanaan MPLS di SD Negeri 2 teras terdapat 5 kegiatan wajib:

  1. Pengenalan potensi diri siswa baru
  2. Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif bagi siswa baru
  3. mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya
  4. menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih
  5. dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

Salah seorang wali murid kelas 1  yang mengantar anaknya ketiika ditemui awak media mengungkapakan bahwa beliau  mempuyai harapan  kedepannya SD Negeri Teras menjadi SD Negeri andalan masyarakat dan tujuan dari lulusan PAUD/TK. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan dan kesabaran dalam mendidik generasi muda yang cerdas, tangguh, beriman dan bertaqwa pungkasnya. (S.Ragil)

 

 

Berita Terkini