STIT Al Washliyah Binjai Gelar Gebyar Kreatifitas Mahasiswa, MABMI Langkat: Setiap Tahun Kita Buat, Siap Bekerjasama

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Langkat – Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al Washliyah Kota Binjai menggelar Gebyar Kreativitas Mahasiswa/i di Gedung Majelis Adat Budaya Melayu (MABMI), di Jalan Proklamasi, Kelurahan Kwala Bingai, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Kamis, 11 Juli 2024.

Adapun Gebyar tersebut berbagai kegiatan dilakukan diantaranya pelatihan mendongeng bersama Ardiansyah Putra Nasution (Mahasiswa STIT Al Washliyah Binjai), praktik tarian mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD) membuat alat peraga edukatif dan Seni Drama dari Mahasiswa/PGMI.

Turut hadir, Ketua I STIT Al Washliyah Kota Binjai Irhamuddin Siregar MA, Ka Prodi PIAUD Tengku Khazinatul Asrariah MPsi, Ka Prodi PAI Bukhari MA, Ka Prodi PGMI Leli Purnama MPdI, para dosen, pengurus MABMI, PD Al Washliyah Langkat Ali Sabri dan KKRA Langkat.

Dalam Gebyar itu, dijelaskan juga materi tentang Sejarah dan adab memakai tanjak yang dipaparkan oleh Duta Tanjak Kabupaten Langkat Muhammad Nawawi SSTP MSP yang merupakan Camat Tanjung Pura.

Ketua Panitia Pelaksana yang juga Ka Prodi PIAUD STIT Al Washliyah Kota Binjai Tengku Khazinatul Asrariah MPsi

Ketua Panitia Tengku Khazinatul Asrariah menjelaskan tujuan kegiatan dilaksanakan di Stabat Langkat Sumut.

“Kegiatan ini dapat diterima oleh seluruh masyarakat, tak hanya untuk masyarakat Binjai saja, akan tetapi di Medan, Binjai dan Deli Serdang (Mebidang) dan Langkat serta Kabupaten/Kota se Sumut,” kata Tengku Khazinatul.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada MABMI, panitia pelaksana dan tamu undangan berhadir.

“Alhamdulillah, MABMI merespons dengan baik. Kanapa kita kaitan dengan MABMI, karena kegiatan pagelaran ini berkaitan seni tari, dongeng dan seni drama yang masing-masingnya memiliki dosen pengampu yang berpengalaman. Kita akan bekerja sama dengan Bidang Seni Budaya MABMI,” kata Ketua Kelompok Kerja Raudhatul Athfal (KKRA) Kabupaten Langkat itu.

Kegiatan ini, sambungnya, diharapkan mendapat respons posistif dari seluruh elemen masyarakat mulai dari MABMI, Pengurus Al Washliyah Kabupaten Langkat sehingga terjalin lah sinergi dan kerjasama yang baik. Insya Allah terus kita laksanakan.

“Saya bawa kemari untuk melatih mahasiswa-mahasiswi, ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” tuturnya.

Dengan demikian, lanjutnya, STIT Al Washliyah Kota Binjai siap menerima tantangan, misalnya di suruh membaca doa, baca Alquran dan tarian daerah, apalagi disuruh membuat alat peraga PIAUD. Mahasiswa STIT Al Washliyah Kota Binjai juga punya bakat sebagai pendongeng.

Sementara Wakil Ketua Bidang Seni dan Budaya MABMI Langkat Syahrul Khair memuji dan mengapresiasi kegiatan yang diadakan ini dan mengucapkan terima kasih kepada Ibu Tengku Khazinatul Asrariah.

“Berharap kegiatan seperti ini diagendakan saja setiap tahun, kami MABMI Langkat sangat mendukung kegiatan seperti ini. Tiap tahun kita buat, bila perlu kita buat agenda yang lebih besar lagi. Tahun ini kegiatan kreativitas, tahun depan kita buat perlombaan kreatifitas. MABMI siap bekerjasama, kita melibatkan juga sekolah Al Washliyah di Kabupaten Langkat ini sekitar 16 sekolah. Setiap sekolah saja mengirim 3 peserta, maka ini akan ramai,” kata mantan Ketua KNPI Stabat itu.

Mantan Ketua Gerakan Pemuda Al Washliyah itu menyarankan STIT Al Washliyah Binjai bekerjasama juga dengan PD Al Washliyah Kabupaten Langkat.

“Buat perlombaan kegiatan seni seperti tarian serampang dua belas, melayu dan lomba fashion show teluk belangan dan tanjak,” pungkasnya.

Ketua Dr M Baihaqi MA melalui Ketua I Irhamuddin memberikan kata sambutan sekaligus membuka acara Gebyar Kreativitas Mahasiswa ini. Ia mengapresiasi kegiatan ini.

“Semoga kegiatan ini terus berlanjut, ada kerjasama melalui MoA dan MoU ke depannya,” harapnya.***

Berita Terkini