LP2M UINSU Gelar Acara Dalam Mendukung Pembinaan UKM Lokal Untuk Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Rakyat

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Mudanews.com,Medan – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (LP2M-UINSU) melaksanakan kegiatan “Pembinaan Usaha Kecil Menengah (UKM) Lokal Dalam Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Masyarakat” di Nivia Hotel Medan, Senin, (8/7/2024).

Ketua LP2M UINSU, Dr. Nispul Khoiri, M. Ag, dalam sambutan mengatakan, UKM memiliki peran besar dalam resesi nasional – global dimaknakan sebagai suatu kondisi dimana perekonomian negara mengalami penurunan berdasarkan produk domestik bruto (PDB), jumlah pengangkuran maupun pertumbuhan ekonomi bernilai negatif selama dua kartal berturut – turut.

“Melalui UKM ada berkontribusi besar terhadap PDB, penyerapan tenaga kerja banyak, potensi bagi industri jasa keuangan, menyerap kredit terbesar dan lainnya. Apalagi berdasarkan data Indonesia mempunyai potensi basis ekonomi nasional yang dikarenakan jumlah Usaha Mikro Kecil dan menengah (UMKM) sangat banyak dengan daya serap tenaga kerja sangat besar pula,” Ungkap Nispul

Lanjut Nispul menjelaskan, Kesadaran akan pentingnya UKM tersebut UINSU melalui LP2M, penting melaksanakan kegiatan pembinaan UKM lokal berujuan.

“Pertama, turut serta keterlibatan UINSU sebagai mediator, fasilitator, informator dan lainnya mendorong serta melakukan pendampingan kepada UKM lokal sebagai bentuk pengabdian UINSU kepada masyarakat dan daerah, Kedua, menciptakan UKM berhasil, mandiri dan berpotensi besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” Terang Nispul.

“Ketiga, melalui kegiatan memberikan solusi terhadap persoalan yang dihadapi UMKM seperti permodalan, pemasaran, produksi dan teknologi, pengelolaan SDM, akses informasi dan jaringan, bantuan advokasi serta lainnya. Keempat, dalam konteks mahasiswa karena disini pesertanya juga ada UKM mahasiswa mendorong peran mahasiswa yang memiliki peran kunci dalam meningkatkan usaha mikro, kecil dan menengah melalui inovasi serta kreatifitas. Mahasiswa dapat membantu UMKM mengenalkan produk baru, meningkatkan kualitas produk dan mengembangkan strategi pemasaran lebih efektif,” Pungkasnya.

Sementara itu, Putra Apriadi Siregar, M.Kes selaku Kepala Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat UINSU menyampaikan, Pembinaan UMKM lokal berperan penting dalam pemberdayaan ekonomi lokal dengan menciptakan lapangan kerja dan mengurangi kemiskinan di Provinsi Sumatera Utara.

“Pembinaan UMKM lokal ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan mengurangi ketergantungan pada pekerjaan formal atau bantuan pemerintah. Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan keterampilan wirausaha dan manajerial yang penting untuk keberlangsungan bisnis. UMKM lokal yang dibina dengan baik cenderung lebih inovatif dan mampu beradaptasi dengan perubahan pasar, serta memiliki akses ke pasar yang lebih luas,” Ujar Putra

lanjut Putra menerangkan, Pembinaan pada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal memainkan peran krusial dalam menggerakkan ekonomi masyarakat. UMKM lokal seringkali menjadi tulang punggung ekonomi lokal, terutama di daerah pedesaan dan perkotaan kecil, dengan menciptakan lapangan kerja yang signifikan dan dapat memberikan kesempatan bagi banyak individu dalam meningkatkan taraf hidup mereka.

“Pembinaan UMKM lokal membantu masyarakat dan seyogyanya untuk menjaga keberlangsungan dan pertumbuhan bisnis, dengan adanya pelatihan dan pendampingan, hal ini tidak hanya membantu UMKM lokal dalam memperluas pangsa pasar mereka tetapi juga membuka akses ke pasar yang lebih luas. UINSU memiliki berbagai upaya dalam pembinaan (UMKM) lokal dalam mendukung pengembangan ekonomi masyarakat,” Terang Putra

“Upaya ini mencakup berbagai aspek, mulai dari pendidikan dan pelatihan, pendampingan bisnis, hingga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dengan workshop yang dirancang khusus untuk para pelaku UMKM dan aktif dalam penelitian yang relevan dalam pengembangan dan hasilnya digunakan untuk mengidentifikasi masalah, peluang serta merumuskan solusi yang efektif. UINSU juga menjadi inkubator bisnis yang berfungsi sebagai tempat mendukung startup tahap awal, menyediakan fasilitas, pendanaan, dan mentoring untuk membantu UMKM berkembang, melakukan kerjasama dengan Pemerintah Daerah, Instansi terkait, dan sektor swasta,” Tutupnya.

LP2M UINSU dalam kegiatan sosialisasi tersebut juga menghadirkan Narasumber handal seperti Alween Ong (Founder Narsis Digital Printing) dan Kusnandar, ST (Founder PT Rumah Aru Kreatif) yang dapat memberikan solusi dan berkontribusi besar terhadap penguatan dan pengembangan UKM lokal di daerah ini.(FS)

Berita Terkini