Dosen FAI dan Hukum UMA Laksanakan Penyuluhan PKMS DIYA UMA Tahun 2023 di KUA Tanjung Morawa

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Deli Serdang – Sejumlah dosen Fakultas Agama Islam Universitas Medan Area (FAI UMA) Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) yang berkolaborasi dengan Fakultas Hukum (FH) UMA telah selesai melaksanakan pengabdian kepada masyarakat stimulus (PKMS) di Kantor Urusan Agama Jalan Medan – Lubuk Pakam, KM 18,5 KM, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Kegiatan pengabdian yang dilaksanakan pada pertengahan Juli 2023 lalu, digelar sebagai bagian dari menjalankan konsep Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri dari pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

“Adapun yang menjadi bentuk kegiatan pengabdian ini lewat kegiatan penyuluhan Pendidikan Pra Nikah Dalam Perspektif Islam, out put yang akan dihasilkan dalam kegiatan penyuluhan ini untuk mengetahui seberapa banyak tingkat pernikahan dini dan perceraian dini di wilayah Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang.

Kepala KUA Kecamatan Tanjung Morawa Dr Kamaluddin MA dan para jajaran sangat antusias menyambut para dosen UMA yang sedang melakukan penyuluhan ke kantor mereka.

Sebab, kegiatan itu akan menambah referensi bagi KUA Tanjung Morawa untuk mengetahui sejauh mana tingkat pernikahan dan perceraian dini terhadap masyarakat yang ada di satuan wilayah Tanjung Morawa.

Terlebih antara KUA dan Prodi Pendidikan Agama Islam memiliki relasi yang kuat untuk saling memperkuat penelitian dalam bidang penyuluhan agama Islam dalam bidang pendidikan pra nikah bagi masyarakat usia dini. Apalagi dewasa ini sangat tingginya tingkat pernikahan dan perceraian dini.

Ketua Tim pengabdian PKMS FAI UMA berkolaborasi dengan Fakultas Hukum UMA, Cahaya Damanik MPd menyebutkan bahwa kegiatan penyuluhan yang dilaksanakan ini sangat efektif dan bermanfaat dilaksanakan, agar mampu diketahui sejauh mana tingginya tingkat pernikahan dan perceraian pada usia dini dewasa ini.

“Dimana wilayah Tanjung Morawa termasuk salah satu masyarakatnya yang berjumlah sangat banyak dan berdampingan dengan Kota Medan,” jelasnya.

Cahaya Damanik juga mengatakan bahwa sumber pendanaan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini bersumber dari dana internal kampus UMA (DIYA UMA), yang disalurkan kepada para dosen UMA yang bertugas untuk melaksanakan pengabdian masyarakat di tahun 2023.

Adapun para Tim dosen UMA yang melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat Stimulus (PKMS DIYA UMA) Tahun 2023 terdiri dari Ketua Pengabdian, Cahaya Damanik MPd, Neng Nurcahyati Sinulingga,M.Pd (dosen FAI UMA) selaku anggota, dan Riswan Munthe MH dosen Fakultas Hukum UMA (anggota).

- Advertisement -

Berita Terkini