Prodi IAT UIN-SU Bersama SGC USU, Gelar Safari Ramadan dan Pengabdian Masyarakat

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Program Studi Ilmu Alqur’an dan Tafsir UIN Sumatera Utara bekerjasama dengan Smart Generation Comunity (SGC) Universitas Sumatera Utara menggelar kegiatan Safari Ramadhan dan Pengabdian Masyarakat di desa ndeskati, kecamatan naman teran, kabupaten karo. Kegiatan ini di laksanakan mulai tanggal 24 April 2021 sampai 12 Mei 2021.

Kegiatan ini di gelar atas MoU antara Prodi Ilmu Alqur’an dan Tafsir UIN Sumatera Utara yang di tandatangani Dr. Mardian Idris Harahap, M.Ag selaku Ka. Prodi IAT UINSU sebagai pihak pertama dengan Smart Generation Comunity (SGC) Universitas Sumatera Utara yang di tandatangani Muhammad Bangun Siregar selaku Presiden SGC USU sebagai pihak kedua.

Kegiatan ini juga di harapkan mampu meningkatkan akreditasi PRODI IAT UINSU dari sektor kegiatan-kegiatan kemahasiswaan. Khususnya kegiatan pengabdian masyarakat selama bulan Ramadhan 1442 H.

Dr. Mardian Idris Harahap, M. Ag. Selaku Ka.prodi, menugaskan mahasiswanya atas nama Muhammad Ardhony, mahasiswa semester VIII Prodi Ilmu Alqur’an dan Tafsir.

Terhitung sejak terbitanya Surat Tugas dengan nomor B.54/USI/PP.00.00/5/2021. dan di tandatangani pada tanggal 22 April 2021, maka mahasiswa tersebut melakukan kegiatan Safari Ramadhan dan Pengabdian masyarakat selama kurang lebih 3 pekan sampai hari Raya Idul Fitri di desa ndeskati.

Desa Ndeskati memiliki jumlah penduduk yang menganut agama islam hanya 97 KK dari jumlah total penduduk sebanyak 297 KK, dari angka tersebut kita bisa simpulkan bahwa desa ndeskati adalah desa minoritas islam.

Prodi IAT UIN-SU Bersama SGC USU, Gelar Safari Ramadan dan Pengabdian Masyarakat
Sore mengaji bagi anak-anak Desa Ndeskati sampai menjelang berbuka puasa.

Selain itu dari sektor pendidikan agama islamnya di desa ndeskati hanya terdapat 3 guru mengaji alqur’an namun hanya satu yang masih aktif mengajar, dan seorang ustadz bernama Bapak Tarigan sebagai Imam masjid Al-muslimun desa ndeskati.

Kemudian kurang lebih 30 anak-anak muslim desa ndeskati mulai umur 4-12 tahun hanya 4 orang yang bacaan iqro’nya sudah lumayan baik.

Maka dengan data tersebut kegiatan Safari Ramadhan dan pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan di desa Ndeskati, Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo.

Prodi IAT UIN-SU Bersama SGC USU, Gelar Safari Ramadan dan Pengabdian Masyarakat
Sore mengaji bagi anak-anak Desa Ndeskati sampai menjelang berbuka puasa.

Dengan adanya kegiatan Safari Ramadhan dan pengabdian masyarakat ini di harapankan mampu membantu meningkatkan pendidikan agama islam, khususnya kemampuan membaca al-qur’an bagi anak-anak dan ibuk-ibuk di desa ndeskati.

Dengan kegiatan sore mengaji yang di laksanakan menjelang berbuka puasa. Serta Muhammad Ardhony sebagai Mahasiswa yang di tugaskan Prodi IAT UINSU bisa menjadi Imam Terawih, Khatib, dan memberikan tausiyah-tausiyah keagamaan kepada masyarakat selama bulan Ramadhan 1442 H.

(Casadhony)

- Advertisement -

Berita Terkini