Hari Pendidikan Nasional, FITK UIN-SU Gelar Seminar Bersama

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional tanggal 02 Mei 2021, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara (Sumut) Medan bekerja sama dengan FTIK IAIN Padangsidimpuan dan STIT Al Ittihadiyah Labuhanbatu Utara mengadakan seminar pendidikan secara virtual dengan mengangkat tema ”Percepatan Peningkatan Kualitas Pendidikan Nasional”.

Sebagai narasumber dalam seminar pendidikan tersebut yaitu 1) Prof. Dr. H. Syafaruddin, M.Pd dari UIN Sumatera Utara Medan, 2) Dr. Lis Yulianti Syafrida Siregar, S.Psi., MA dari IAIN Padangsidimpuan, 3) Dr. Ahmad Syukri Sitorus, M.Pd dari UIN-SU Medan, 4) Dr. Mursal Aziz, M.Pd.I dari STIT Al Ittihadiyah Labuhanbatu Utara serta moderator adalah Tarmiji Siregar, M.Kom dari STIT Al Ittihadiyah Labuhanbatu Utara.

Seminar pendidikan ini secara resmi dibuka oleh Dekan FITK UIN-SU Medan yaitu Dr. Mardianto, M.Pd.

Dalam sambutannya Dekan FITK UIN-SU menyambut dengan baik kegiatan seminar pendidikan sebagai upaya mengisi peringatan hari pendidikan nasional yang jatuh pada tanggal 02 Mei tahun ini.

“Sebagai tokoh pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara tidak dapat dilepaskan dalam atmosfer pendidikan di Indonesia, dan semoga sumbangsih dan semangat beliau dalam dunia pendidikan terus dapat dijalankan sampai saat ini,” ujarnya.

Hari Pendidikan Nasional
Flyer

Prof. Dr. Syafaruddin, M.Pd sebagai narasumber pertama menyajikan tentang strategi meningkatkan mutu sekolah dasar. Sebagai upaya untuk meningkatkan mutu sekolah, maka peran kepemimpinan haruslah dimantapkan dengan mengarah kepada kepemimpinan transformasional.

“Kepemimpinan yang baik akan melahirkan manajemen mutu yang baik sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai,” kata Syafaruddin.

Selanjutnya Dr. Mursal Aziz, M.Pd.I sebagai narasumber kedua menyampaikan peningkatan kualitas pendidikan nasional melalui pendidikan Islam. “Konsep dasar pendidikan Islam, Tujuan pendidikan Islam, metode dan gagasan edukatif dalam pendidikan Islam dipandang dapat meningkatkan kualitas pendidikan nasional,” jelasnya.

Sementara Dr. Lis Yulianti Syafrida Siregar, MA sebagai narasumber ketiga menyampaikan tentang peran pendidikan sebagai modal utama membangun karakter. Beliau menyampaikan bahwa pendidik dan sekolah berperan penting dalam menumbuhkan etika dan budi pekerti.

Narasumber terakhir Dr. Ahmad Syukri Sitorus, M.Pd menyampaikan tentang kualitas guru PAUD di Indonesia. Beliau menyampaikan bahwa perlu ada sinergitas antara Pemerinta, LPTK dan masyarakat dalam upaya meningkat kualitas guru di Indonesia.

“Harapan, semoga seminar pendidikan ini berkontribusi bagi peningkatan kulitas pendidikan nasional,” pungkasnya. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini